Cara Aman Bergosip di Kantor

Dalam kehidupan sehari-hari kadang kita tak bisa menghindari gosip. Begitu juga di lingkungan kerja. Tak perlu terlalu alergi terhadap gosip. Karena ada juga dampak positif dari gosip. Kadang anda mengetahui informasi penting dari gosip yang berhembus.

Gosip juga akan memberi anda peringatan agar lebih sigap menghadapi situasi tertentu,sehubungan dengan pimpinan, pekerjaan, atau perusahan.

Meski begitu, anda juga perlu tahu cara bergosip yang aman di kantor berikut ini:

1. Bicaralah dengan teman yang sangat anda percayai, bukan kategori penyebar gosip. Pilihlah teman ngobrol yang setidaknya posisinya sederajat dengan anda. Jangan lupa memberi stempel: "Ini rahasia, tolong jangan bilang siapa-siapa".  Meski tidak ada yang menjamin bahwa berita itu takan bocor, paling tidak anda sudah memperingatkan.

Bagi para atasan, hindari bergosip dengan bawahan, karena bisa menurunkan "derajat" anda di mata mereka.

2. Pakai saluran aman dengan menggunakan ponsel pribadi.  Lengkapi saluran ini dengan password dan pengaman lain. Cari tempat yang sepi jika ingin ngobrol lewat ponsel. Ingat, dinding pun bisa 'mendengar'.

3. Lebih aman lagi kalau mengobrol gosip di luar kantor. Di kafe, taman, atau area privasi lainnya. Pastikan tak ada rekan kerja lain yang mendengar.

4. Ingat,bergosiplah di luar jam kantor. Pekerjaan anda tentu sudah cukup banyak dan memakan waktu, jadi sebaiknya jangan memangkas kerja waktu untuk bergosip.

Pada dasarnya, gosip juga  salah satu bentuk dari komunikasi. Hanya saja banyak yang mengartikannya secara negatif. Sekarang tinggal anda yang menyikapinya secara bijak.

Pertimbangkan kapan perlu mendengar gosip atau menyampaikan gosip. Tapi, untuk berita negatif yang belum tentu benar, lebih baik anda 'keep' sendiri ya. Jangan sampai anda dicap penyebar fitnah. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir karir tips bisnis