Bersaing Sehat di Lingkungan Kerja

Persaingan hampir tidak mungkin dihindari, dimanapun anda berada. Baik di sekolah, kampus, organisasi, terlebih di lingkungan kerja.

Persaingan hampir tidak mungkin dihindari, dimanapun anda berada. Baik di sekolah, kampus, organisasi, terlebih di lingkungan kerja.

Sebenarnya persaingan adalah hal yang normal dan positif selama itu dilakukan secara sehat. Di lingkungan kerja dimana semua orang dituntut untuk produktif dan berprestasi, bersaing menjadi hal yang cukup penting. Namun, kadang kita tak bisa menghindari rekan yang ingin menjatuhkan, bersaing secara licik dan tidak fair.

Nah, bagaimana agar anda tak terjebak dalam persaingan tak sehat? Mungkin tips berikut bisa membantu anda:

# Jangan menganggap persaingan sebagai permusuhan, melainkan sebagai sebuah permainan. Dengan menganggapnya sebagai permainan, jika terjadi konflik, maka anda tak akan terpancing emosi. Anda tinggal memfokuskan diri pada permainan dan menyelesaikannya dengan baik.

# Petakan kompetisi dengan tepat. Caranya adalah dengan melihat siapa yang menjadi lawan. Termasuk perhatikan seperti apa kepribadian dan keahlian lawan. Dengan begitu, anda bisa merancang strategi efektif untuk memenangkan kompetisi, tanpa menjatuhkan.

# Ubah pemahaman anda tentang kompetisi. Kompetisi seharusnya dapat memacu anda untuk terus belajar menjadi lebih baik dengan memaksimalkan kemampuan anda.

Jika anda berhasil menempatkan kompetisi pada sisi positif, maka secara tak langsung anda akan memiliki komitmen untuk selalu meningkatkan kualitas diri. Ingat, di dunia kerja, performa anda dinilai oleh banyak pihak. Karena itu terus belajar dan mengasah kemampuan adalah keharusan. Selalu tanamkan dalam diri  bahwa orang-orang  di sekeliling anda hadir untuk mendukung anda dalam mencapai posisi terbaik. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita karir persaingan work bisnis