Agar Karir Lebih 'Bersinar'

Selama ini orang-orang yang sukses dalam karirnya bukanlah orang yang biasa-biasa saja. Dibutuhkan hal yang 'luar biasa' untuk mencapai sukses.

Selama ini orang-orang yang sukses dalam karirnya bukanlah orang yang biasa-biasa saja. Dibutuhkan hal yang 'luar biasa' untuk mencapai sukses.

Salah satu hal penting untuk bisa meraih karir yang sukses di dunia kerja adalah membuat diri anda menjadi seorang pekerja yang bersinar. Bersinar artinya memiliki prestasi, bertanggung jawab, disenangi rekan kerja dan dipercaya pimpinan.

Lalu apa upaya yang harus dilakukan dan bagaimana caranya membuat karir  makin bersinar? Berikut kiat yang bisa anda lakukan:

# Fokuslah pada tujuan yang ingin dicapai, bukan menyesali yang pernah terjadi di masa lalu. Dan jangan biarkan waktu anda terbuang percuma untuk hal yang tak bermanfaat.

# Bersikap bijaksana dalam menghadapi berbagai situasi. Ingat, apapun kondisi yang sedang anda alami, perasaan marah, sedih, merasa tidak enak hati dengan orang lain, anda sendirilah yang bisa mengontrolnya. Jangan sampai perasaan anda mengganggu kinerja.

# Buat perubahan ke arah yang lebih baik. Ikuti perkembangan dalam hal apa pun, jangan sampai anda ketinggalan zaman. Kebanyakan orang sukses melihat perubahan sebagai peluang untuk menjadikan dirinya lebih baik lagi.

# Anda tidak bisa mengendalikan perasaan orang lain terhadap anda. Tapi setidaknya cobalah untuk selalu bersikap menyenangkan bagi orang lain. Dengan begitu anda sudah selangkah lebih maju.

# Bersedia mengambil resiko. Keluarlah dari zona nyaman. Tapi ingat, sebelum melangkah, lakukan perencanaan yang baik.

# Fokus pada apa yang anda hadapi, jangan hanya menerima dan tidak melakukan apa-apa.

Tetap miliki orientasi pada masa depan.

# Belajarlah dari kesalahan. Jangan pernah membuat kesalahan yang sama. Jadikan kesalahan yang pernah anda lakukan sebagai pelajaran untuk meraih hal yang lebih baik.

# Belajar dari kesuksesan orang lain. Lihat dan pelajari bagaimana mereka bisa mencapai sukses. Tak perlu malu bertanya apa rahasia suksesnya. Jadikan rahasia sukses itu sebagai bekal meraih sukses.

#  Luangkan waktu untuk diri anda setiap hari. Renungkan apa yang sudah anda lakukan. Tinjau ulang kejadian hari ini dan kemajuan apa yang sudah dilakukan untuk meraih kesuksesan. Pikirkan apa yang perlu anda lakukan besok dan hari-hari yang akan datang.

Jangan lupa untuk selalu memberi, baik materi maupun ilmu. Lakukan sesuatu untuk orang lain tanpa mengharapkan mereka membalasnya. Jadilah pribadi yang menyenangkan, yang selalu siap membantu orang lain. Dengan demikian anda bukan hanya akan bersinar salam karir tapi juga dalam kehidupan pribadi. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita karir masa depan