5 Hal yang Patut Dihindari di Hari Pertama Kerja

Rasanya seperti "PR" saat harus memulai pekerjaan di tempat baru. Tapi ladies bisa kok melewatinya dengan baik. Hindari saja hal-hal berikut di hari pertama ladies bekerja.

Ilustrasi: Freeimages.com

Setiap orang punya mimpi untuk memiliki sebuah pekerjaan yang ideal. Bisa saja sih, tapi untuk mendapatkannya ladeis harus berpikir matang. Caranya, jangan sampai ladies melakukan 5 hal berikut di hari pertama kerja.  

1. Jangan berdiam di meja kerja 

Ladies mungkin akan mendapatkan tur singkat oleh tim HRD. Jika beruntung, rekan kerja ladies bisa saja yang mendapat tugas tur. Di sini kesempatan ladies untuk bisa bertanya dan mendapatkan jawaban yang jujur. Tapi mentok, mungkin hanya resepsionis yang sangat cepat memperkenalkan ladies tapi kemudian harus kembali ke mejanya. 

Take a deep breath ladies, do the job yourself. Ladies bisa berjalan, berkenalan dengan para penghuni kubus-kubus di sekitar dan pastikan ladies membuat kesan pertama yang baik. Idealnya berjabat tangan dengan senyum dan jabarkan peran ladies di kantor itu. 

2. Jaga sikap

Biasanya saat wawancara ladies harus menjaga sikap, istilah umumnya "jaim" alias jaga image. Tapi hal ini bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu, malah tidak jarang sikap kekanak-kanakan kerap muncul. 

Nah, pastikan ladies tidak melakukannya ya. Tetap bersyukur karena memiliki pekerjaan saat ini dan menjalaninya dengan baik. Siapa tahu, ada kesempatan yang lebih di perusahaan dan ladies bisa mendapatkannya. Jadi tidak hanya sekedar gosip-gosip yang akan menguras waktu saja. 

3. Jangan Minta "Cuti" Dadakan

Hak cuti memang milik semua karyawan. Tapi semua berbalik pada kebijakan kantor. Bila ladies telah berencana hendak ke luar kota di bulan pertama bekerja, berterus terang sejak awal wawancara. Jangan sampai perusahaan tidak tahu-menahu dan tetiba ladies minta "cuti" dadakan dan pergi meninggalkan pekerjaan yang baru saja ladies sandang. 

4. Jangan Melanggar Protokol 

Sosial media memang menyenangkan tapi juga sangat krusial. Berhati-hatilah dalam meng-update status ladies di sosial media, terutama bila terkait dengan pekerjaan. Bijaklah dalam memposting situasi dan suasana hati ladies. Jangan sampai, alih-alih ingin dunia tahu, tapi ladies yang justru kena getahnya. 

5. Jangan Abaikan Bos atau Atasan 

Tanpa disadari, terkadang ladies mungkin telah melakukan pekerjaan dan melaporkannya pada rekan yang ladies kira "senior".  Well, hati-hati ladies. Jangan sampai ladies mengabaikan bos atau atasan langsung karena mengira hanya rekan kerja saja. Pastikan saat berkenalan di awal ladies menyapa semua orang, berikan jabat tangan dan senyuman. Kenali semua orang di sekitar untuk menghindari sosok "bos" yang mungkin terlewat. 

first job pekerjaan pertama first day hari pertama