10 Tips Enjoy di Tempat Kerja

Jenuh dengan pekerjaanmu saat ini? Its normaly, manusiawi jika kamu bosan dengan rutinitas mu setiap hari. Termasuk dengan pekerjaanmu.

freepik.com

Perkerjaan yang menumpuk, rekan kerja dan suasana yang monoton tak jarang membuat seseorang mengalami kebosanan akut.

Tapi, resign bukanlah solusi. Apalagi tidak mudah mendapatkan pekerjaan lain yang lebih menyenangkan. Yup, tak ada jalan lain selain berusaha menikmati pekerjaanmu yang sekarang. Bagaimana caranya?

Kuncinya hanyalah bagaimana kamu merasa bahagia dengan pekerjaanmu. 10 tips berikut ini akan membuatmu betah sekaligus enjoy di tempat kerja. Check this out ladies!

1.Berpikir positif

Berpikir positif adalah kunci pertama untuk menikmati pekerjaanmu. Pikiran yang positif akan menjadi energi dan kekuatan positif untuk melakukan hal-hal baik. Yakinlah jika kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Jangan biarkan pikiranmu berputar mengitari hal-hal negatif atau bahkan rasa khawatir terhadap sesuatu yang belum tentu terjadi. Cukup fokus saja pada hal-hal menyenangkan yang membuat kamu bersemangat!

2. Jalin hubungan baik dengan teman kerja

Percaya deh, hubungan baik dengan  teman kerja akan membuat suasana kerja lebih nyaman dan menyenangkan. Tapi ingat ya ladies, hubungan baik itu akan tercipta jika kamu juga bersikap baik di lingkungan kerja. Sikap ramah, sopan, helpfull akan membuatmu disukai di tempat kerja. Otomatis kamu akan betah di kantor, dan lebih produktif.

3. Ciptakan tempat kerja senyaman mungkin

Meja kerja yang bersih dan rapih turut andil dalam membuat kamu nyaman di tempat kerja. Jangan tunggu OB untk melakukannya. So bersihkan dan rapihkan meja kerjamu sekarang juga. Kamupun juga bisa mendekor tempat kerjamu menjadi se-stylish dirimu, lho. Letakkan pigura bergambar dirimu dan pasangan atau keluarga di sudut meja. Bisa juga letakkan pot bunga hidup agar suasana lebih fresh. Jadi, semangat pun datang untuk memulai hari-harimu di tempat kerja.

4. Dengarkan musik

Musik memang selalu menjadi pilihan ampuh untuk bisa menikmati hari-hari dimanapun berada. Di sekolah, rumah, bahkan di tempat bekerja. Jadi, apapun yang kamu lakukan di tempat kerjamu, coba nyalakan lagu-lagu andalanmu. Tentunya, jangan melalui speaker tapi cukup lewat earphone saja. Kalau kamu ga nyaman dengan earphone, boleh lewat speaker tapi pasang volume yang tidak menggangu rekan kerjamu. Percaya deh musik akan membuatmu bekerja sambil tersenyum dan bahagia.
 
5. Olahraga ringan di sela jam kerja

Melakukan pekerjaan dengan serius itu memang penting. Tapi, bukan berarti kamu harus duduk saja memandang layar komputer berjam-jam lho. Karena duduk seharian dalam jangka waktu yang lama akan membahayakan tubuhmu. Kalau tubuhmu sakit dan lemah, mana bisa kamu merasa bahagia? Ini menjadi alasan kenapa penting banget buat melakukan olahraga ringan di kantor, seperti berdiri, berjalan, dan sekedar menggerakkan tangan, kaki, dan kepalamu. Lakukan peregangan tangan, kaki, leher selama beberapa menit. Niscaya tubuhmu akan terasa lebih rileks.

6. Konsumsi makanan dan camilan sehat di kantor

Perhatikan konsumsi makanan dan camilan kamu selama di tempat kerja. Well, coklat, gorengan, minuman bersoda, dan ice cream memang jadi guilty pleasure buat sebagian orang. Tapi, penting bagi kamu untuk mengimbangi dengan makanan sehat seperti sayur, buah, dan juga air putih. Karena zat-zat baik yang terkandung di dalamnya akan membuat tubuhmu  tetap sehat. Tubuh yang sehat tentu akan membuatmu semangat bekerja.

7. Tumbuhkan rasa cinta pada pekerjaan

Apapun pekerjaanmu berusahalah untuk melakukannya dengan cinta. Karena mustahil kamu menikmati pekerjaanmu jika kamu ga ikhlas melakukannya. So, cobalah bangun perasaan cintamu pada pekerjaanmu saat ini dan  temukan hal-hal yang menyenangkan.

8. Tumbuhkan komitmen pada pekerjaan

Ibarat hubungan pacaran, cinta saja tak cukup tanpa sebuah komitmen! Kamu juga perlu menumbuhkan komitmen yang tinggi pada pekerjaanmu. Komitmen penting untuk menghasilkan hasil kerja yang memuaskan. Komitmenmu juga membuatmu akan bertahan sekaligus bahagia dengan pekerjaanmu.

9. Buat rencana kerja sesuai jadwal

Siapkan buku khusus untuk perencanaan kerja yang sesuai dengan jadwalmu yang sibuk. Misalnya, apa yang harus kamu kerjakan, jam berapa selesai bekerja, kapan waktunya nge-gym, ke salon dan lain-lain. Gunanya, tentu saja agar kamu bisa membagi waktu untuk semua kegiatanmu, termasuk kegiatan di tempat kerja. So, in the end, semuanya nggak akan berantakan di tengah jalan. Jika jadwalmu berantakan bagaimana kamu bisa bahagia?

10. Refleksikan apa yang telah kamu lakukan seharian penuh

Berakhirnya jam kerja bukam berarti berakhir pula tugasmu! Justru itu adalah momen paling penting untuk kamu mempersiapkan dirimu kembali ke tempat kerja besok. Caranya? Tentu saja evaluasi semua yang kamu lakukan, pikirkan dan rasakan selama di tempat kerja hari ini. Apakah seharian ini kamu telah melakukan yang terbaik.  Bagaimana kerjasamamu dengan rekan-rekan. Hal positif apakah yang sudah kamu berikan?  Selain memotivasimu, hal ini juga akan memberimu kesempatan pada hal-hal yang tidak kamu sadari sebelumnya.

So, ladies, ga ada lagi alasan lagi untuk tidak bahagia di tempat kerja ya? Do the best, dan nikmati pekerjaanmu. Namun, jangan lupa untuk menikmati waktumu di luar jam kerja ya! Bertemu sahabat, melakukan perawatan, ngedate dengan kekasih atau apapun yang bisa menjadi booster hari-harimu. So, Good luck and be happy all the time and everywhere! [Tri]

astaga 10 tips karir pekerjaan enjoy