10 Tipe Bos di Kantor, Tipe Seperti Apa Bos Anda?

Suka tidak suka, mau tidak mau, dalam bekerja, Anda harus bisa bekerja sama dengan si Bos. Namun, tak bisa dipungkiri, terkadang tak mudah untuk bisa 'klop' dengan si bos.

Anda harus memiliki cara tersendiri agar saling merasa nyaman satu sama lain. Ini menjadi sangat penting karena sangat berpengaruh pada kenyamanan kerja dan juga kelangsungan karir Anda. Nah, agar bisa menyatu dengan si bos, kenali dulu 10 tipe bos ini dan cara menghadapinya:

1. Si lemah lembut

Bos dengan tipe yang lembut biasanya adalah orang yang selalu memberikan kesempatan, bahkan jika anak buah berbuat kesalahan. Bos semacam ini sangat baik pada karyawan, namun hati- hati jika Anda menyalahgunakan kesempatan dan kepercayaan yang diberikannya, si bos ini akan menjadi orang yang sangat kejam.

Untuk kebaikan Anda dan perusahaan, kadang Anda harus lebih agresif dan inovatif dari pada si bos. Siapa tahu, dengan melihat kerja Anda yang bagus, si bos akan memberikan rekomendasi kenaikan jabatan untuk Anda.

2. Si licik

Bos dengan karakter licik memiliki ciri-ciri yaitu suka membual dan mengakui pekerjaan orang lain. Bos ini sering mengatakan hal-hal yang tidak pernah dilakukannya, membatalkan janji, dan suka memberikan iming-iming. Sayangnya, Anda tidak pernah mendapatkan apa pun yang pernah dia janjikan.

Untuk menghadapi bos jenis ini, yang Anda perlu lakukan adalah menyelesaikan pekerjaan Anda. Jangan mempercayai kata-kata si bos, apalagi jika dia memberikan harapan palsu sebagai imbalan terhadap sesuatu yang harus Anda kerjakan. Jika si bos pernah menjanjikan promosi pada Anda, maka jangan biarkan dia terus mengelak. Tagih terus janjinya agar dia tidak lagi memiliki alasan untuk mematahkan harapan Anda.

3. Si misterius

Bos misterius biasanya selalu menutup rapat pintu ruangan kerjanya dan Anda hanya bisa berkomunikasi dengannya melalui pesan. Kegiatan bos misterius jarang terlihat. Mungkin mereka sibuk untuk perjalanan bisnis, atau mungkin juga sedang bersantai di rumah. Tidak ada yang tahu. Sayangnya, Anda mungkin harus menjadi salah satu orang yang bertanggung jawab ketika suatu hal buruk terjadi pada perusahaan.

Untuk membuatnya menyadari kehadiran Anda, Anda perlu memberi jarak padanya. Berikan waktu padanya untuk mengenal dan melihat kinerja Anda. Artinya, Anda harus benar-benar bersabar menghadapi si misterius ini. Namun, selesaikan tugas dengan sungguh-sungguh sampai ia menyadari Anda layak diperhitungkan.

4. Bos bermuka dua

Orang yang bermuka dua sudah pasti sangat menyebalkan, apalagi jika dia seorang bos. Jika kebetulan Anda menghadapi bos seperti ini, Anda harus tahu bahwa semua senyumnya palsu dan dia sering sembunyi tangan ketika suatu kesalahan dia lakukan.

Bos seperti ini biasanya juga suka mencampuri urusan pribadi dan bergosip ke sana ke mari untuk mendapatkan muka di mana-mana. Kadang dia juga suka merendahkan kemampuan orang lain.

Yang harus Anda lakukan untuk menghadapi bos semacam ini adalah menjaga jarak dengannya. Jangan terpancing untuk memberikan informasi yang tidak penting diketahuinya, apalagi mengenai diri Anda. Tetap lakukan kewajiban Anda sebaik mungkin dan selalu siapkan mental Anda jika sewaktu-waktu si muka dua ini menyerang.

5. The buddy

Bos yang satu ini sebetulnya tidak ingin menjadi bos Anda, melainkan seperti sahabat atau teman. Tapi ia justru membuat karyawan serba salah karena ia selalu ingin dekat dengan karyawan. Bahkan tak segan mengajak Anda menonton atau menceritakan cerita lucu yang sebenarnya tidak lucu.

Untuk membuatnya tetap baik pada Anda, mungkin Anda perlu sesekali tertawa pada leluconnya. Beri batasan bahwa bagaimanapun ia seorang bos, dan Anda karyawan. Tetap bicarakan masalah pekerjaan ketika Anda hanya berdua saja dengannya sehingga hal ini bisa menjadi pengalih perhatian yang baik baginya.

6. The really  bos

Tipe bos yang satu ini benar-benar layak menjadi bos. Dia memberikan fasilitas yang memudahkan setiap pegawainya untuk bekerja, memberikan himbauan yang membangun, suportif, menginspirasi, dan memiliki kecakapan yang matang.

Bos dengan tipe seperti ini adalah idaman setiap pegawai. Dia selalu memenuhi janjinya, melakukan apa yang dikatakannya, dan selalu senang melihat perkembangan karyawannya.

Anda hanya perlu menjadi pekerja yang baik dan berusaha sebaik mungkin untuk menyenangkannya. Berikan kesan yang baik untuknya dengan peningkatan kinerja Anda, dan kinerja yang baik, surat rekomendasi akan datang dengan sendirinya di meja Anda.

7. Tukang kritik

Bos yang satu ini suka meneliti sesuatu karena memiliki waktu luang yang banyak. Bos tipe ini sering curiga dan mengontrol pekerjaan Anda. Orang seperti ini membuat banyak karyawan waswas dan mempertanyakan apa yang dikerjakannya.

Untuk menghadapinya, Anda harus terus memotivasi diri untuk melakukan tugas yang lebih baik dari waktu ke waktu. Coba temukan mentor di kantor yang bisa membantu Anda, karena bertanya pada si tukang kritik mungkin bukan pilihan yang baik. Pacu diri Anda untuk selangkah di depan si tukang kritik sehingga Anda bisa membuktikan kemampuan Anda padanya.

8. Penggila jabatan

Atasan penggila jabatan biasanya pernah menjadi parasit para bangsawan. Orang ini ingin memiliki power dan pengaruh, maka ketika menjadi bos, dia ingin mendapatkan promosi hingga jabatan tertinggi.

Untuk menaklukkan bos semacam ini, Anda perlu melakukan apa saja agar tetap terlihat baik di matanya. Berikan informasi sebanyak mungkin mengenai kenaikan jabatan kepadanya, maka dia juga akan memberikan rekomendasi darinya.

9. The inovator

Bos yang memiliki sisi inovator biasanya memiliki kharisma, semangat juang, dan juga memberikan inspirasi. Sayangnya, bos semacam ini banyak berkhayal mengenai kemajuan perusahaan tanpa tahu jalan ke sana, sehingga Anda lah jembatan menuju ke jembatan itu.

Bos ini biasanya juga hanya peduli pada pekerjaan. Mungkin dia tidak memiliki keluarga, atau dia terlalu fokus pada mimpinya. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk bos semacam ini adalah mengajaknya mengobrol mengenai liburan akhir pekannya, bagaimana keadaan keluarganya, dan berharap bahwa dia mulai melihat cara hidup yang lebih berimbang.

10. The monster

Si bos tipe ini diciptakan untuk membuat dunia Anda  mencekam. Dia sering berteriak kepada Anda di depan pelanggan, berbohong mengenai Anda, dia tidak memiliki rasa malu dan peri kemanusiaan pada Anda. Bisa dibilang, Anda mendapat mimpi buruk ketika memiliki bos semacam ini.

Sayangnya, Anda tidak memiliki banyak kesempatan untuk berhadapan dengan bos semacam ini. Jika Anda kuat, jalani pekerjaan Anda sekuat tenaga, namun jika tidak, resign adalah pilihan terbaik. Lagi pula, bekerja di bawah tekanan orang semacam ini tidak akan membuat Anda berkembang lebih baik.

Nah, yang mana tipe bos Anda? Ingat ya, seperti apapun tipe atau karakter bos, Anda harus bisa menghargai dan menghormatinya. Namun jika memang Anda berhadapan dengan bos berkarakter sulit dan membuat Anda sangat tertekan serta sulit berkembang, apa boleh buat, resign adalah satu-satunya solusi. [Tri]

astaga wanita wanita karir bos tipe bos kantor