10 Cara Bangkit Dari Kebangkrutan Usaha

Tak bisa dipungkiri, para pengusaha pastinya ingin agar usahanya menguntungkan, sukses dan berjalan lancar. Namun menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha memang bukanlah hal yang mudah.

Diperlukan perjuangan dan jatuh bangun dalam mengembangkan usaha.

Tidak sedikit usaha yang telah dirintis pada akhirnya mengalami kegagalan atau kebangkrutan. Baik karena faktor dari dalam usaha itu sendiri atau pengaruh dari luar.

Bangkrut adalah sebuah kondisi yang akan meninggalkan banyak masalah. Dimana seseorang yang mengalami kebangkrutan akan mengalami kerugian yang  besar hingga tak jarang menyebabkan kemiskinan. Dan usaha yang telah dikelola pun terancam gulung tikar.

Namun, jangan menyerah begitu saja pada keadaan. Masih banyak hal yang bisa dilakukan, termasuk kembali bangkit dan merilis ulang usaha Anda, atau menjalani peluang baru. Toh, bukan hal yang mustahil untuk kembali membangun usaha yang telah mengalami kebangkrutan.

Nah guys, simak 10 cara bangkit dari kebangkrutan usaha berikut ini ya!

1. Menerima kenyataan

Tidak ada rencana yang selalu berjalan mulus di dunia ini, termasuk juga usaha yang Anda miliki. Meskipun terpuruk, Anda harus berbesar hati menerima dan mengakui apapun kenyataan yang menimpa usaha Anda.

Jika Anda tidak pernah mengakui kegagalan, bagaimana Anda bisa bangkit dan merintis kembali usaha Anda? Menerima kenyataan disini bukan berarti pasrah dan berhenti berusaha. Tapi Anda sadar bahwa usaha Anda telah mengalami kebangkrutan dan Anda akan segera bangkit mencari jalan keluar terbaik.

2. Berfikir positif

Walaupun tidak berpengaruh secara langsung, seseorang yang berfikiran negatif akan selalu memberikan dampak atau aura yang tidak baik dan perlahan akan mempengaruhi dan menghambat kesuksesan. Jadi berfikir positif sangatlah dianjurkan, sekalipun usaha Anda tengah mengalami kebangkrutan.

Ingat, bumi terus berputar, tak ada kondisi yang menetap. Segala sesuatunya pasti akan mengalami perubahan dan pembaharuan. Setidaknya dengan berfikiran positif Anda dapat memotivasi diri sendiri untuk bangkit dan kembali memulai usaha.

3. Pelajari kegagalan

Pelajari semua hal yang membuat usaha Anda bangkrut. Misalnya pengelolaan keuangan yang kurang baik, pemasaran yang tidak efektif atau manajemen yang salah.

Teliti dan cemati terlebih dahulu penyebab tersebut dan kemudian pelajarilah. Hal ini penting agar Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama. Setidaknya Anda akan lebih paham dan waspada ketika muncul masalah yang serupa saat Anda memulai usaha baru.

4. Jangan berhenti belajar

Pelajarilah semua pengetahuan dasar dan pengetahuan umum yang berkaitan erat dengan usaha yang Anda jalani. Di zaman teknologi seperti saat ini, bukanlah hal yang sulit untuk memperluas wawasan dan menggali informasi.
Anda tinggal mencarinya di internet.

Selain itu cobalah bertanya pengalaman pada para senior. Pengalaman adalah pelajaran dan guru yang berharga. Berusahalah mencari tahu tentang pengalaman para senior yang terlebih dahulu menghadapi masalah serupa, namun tetap  bangkit dan kembali berjaya.

5. Temukan peluang

Selalu ada solusi dan selalu ada peluang jika Anda memahami kesalahan di masa lalu dan belajar dari pengalaman. Pastikan peluang tersebut benar-benar bagus untuk perkembangan bisnis Anda. Dan ketika sudah mantap dengan peluang itu, jangan tunda lagi, segera tangkap dan jalani peluang tersebut.

6. Ikuti perkembangan

Lihatlah lingkungan sekitar, prediksi kemauan pasar dan bersikap selektif dalam memulai usaha baru. Kebangkrutan memang hal sulit, namun jika Anda bisa mengikuti perkembangan zaman, pastinya Anda bisa kembali bangkit dan mengembangkan usaha yang baru.

7. Optimalkan jam kerja

Jika telah menemukan peluang dan trend yang ada, inilah saat yang tepat untuk bekerja lebih giat. Optimalkan jam kerja agar bisa menghasilkan kembali keuntungan. Jangan hanya pasrah dengan keadaan dan bermalas malasan. Orang yang sukses tentunya memiliki kemauan yang kuat untuk  berjuang dan berusaha mencapai yang terbaik.

8. Mulai sari skala kecil

Setelah Anda menemukan solusi dan peluang atas kebangkrutan usaha, cobalah memulai kembali dengan skala yang lebih kecil. Memang tidak ada salahnya memulai lagi dengan skala yang besar. Tapi memulai dengan skala kecil akan meminimalisir kerugian yang mungkin dapat terjadi lagi.

9. Perluas kemitraan

Mitra atau rekan bisnis adalah penunjang  keberhasilan usaha seseorang. Perluaslah jaringan,  dengan banyak menjalin kerja sama dengan mitra yang memiliki usaha di bagian-bagian tertentu. Hal ini akan memudahkan dan mempercepat Anda dalam mengejar ketertinggalan.

10. Jangan pernah lelah berusaha dan berdoa

Hal yang tak kalah penting untuk bangkit dari kebangkrutan adalah dengan berusaha semampu mungkin dan jangan putus  berdoa. Yakinlah, usaha tidak akan menghianati hasil yang kita terima. Dan ingat, setiap kejadian tentu atas kehendak sang Pencipta, termasuk kegagalan atau keberhasilan yang akan Anda raih. Maka jangan lupa untuk selalu memohon yang terbaik pada Illahi. Percayalah, usaha maksimal dengan doa yang tulus akan memuluskan usaha Anda.

Nah kini jangan terus terpuruk dan meratapi nasib ya? Karena nasib tak akan berubah hanya dengan meratap. Bangkit, tersenyum dan berusahalah. Maka, kesuksesan akan segera Anda raih! [Tri]

astaga 10 cara solusi kebangkrutan kebangkrutan usaha bisnis