Tetap Nyaman Tinggal di Rumah Mungil

Rumah yang besar dengan halaman yang luas adalah idaman setiap orang. Selain ruang gerak yang lebih bebas, anda pun lebih leluasa menata dan menghias rumah.

Rumah yang besar dengan halaman yang luas adalah idaman setiap orang. Selain ruang gerak yang lebih bebas, anda pun lebih leluasa menata dan menghias rumah.

Sayangnya tidak semua orang beruntung bisa memiliki rumah besar dengan halaman yang luas. Keterbatasan dana seringkali membuat seseorang harus cukup puas tinggal di rumah mungil. Apalagi di kota besar seperti Jakarta dimana lahan semakin sempit dan harga properti sangat mahal.

Namun anda yang tinggal di rumah mungil, jangan berkecil hati. Rumah yang kecil dan sederhana pun bisa disiasati agar tampak lebih luas dan nyaman. Bagaimana caranya? Ini dia tipsnya:

Pindahkan barang yang tidak perlu

Jika saat ini rumah anda terlihat sesak dan sempit, anda perlu mengeluarkan beberapa barang. Pilih barang-barang yang masih berfungsi dengan baik. Jika ingin membeli barang baru, pilih barang yang simpel, tidak memiliki banyak motif, sehingga memberi kesan lapang pada ruang.

Upayakan banyak cahaya masuk

Bangun rumah anda dengan pencahayaan yang baik. Buatlah jendela besar agar cahaya dapat masuk ke rumah.

Selain memberikan kesan luas, pemandangan di luar rumah akan membuat anda merasa tidak terkurung. Jika memungkinkan, buat taman kecil di depan atau di belakang rumah dengan tanaman hias yang hijau.

Gunakan warna-warna terang

Untuk memaksimalkan cahaya masuk ke ruangan, anda bisa memanfaatkan warna-warna cerah pada dinding rumah.

Anda hanya perlu menyamakan warna yang senada untuk beberapa ruangan yang tidak bersekat, misalnya menyatukan ruang keluarga dengan ruang tamu. Dengan begitu kesan rumah akan lebih besar.

Upayakan perabotan multifungsi

Jangan membeli perabotan yang makan tempat, apalagi jika kurang bermanfaat. PIlih perabotan yang multifungsi, misalnya tempat tidur yang dapat menjadi lemari jika diangkat, atau meja yang bisa menyatu dengan rak buku. Sehingga dapat menghemat tempat.

Permainan cermin

Letakkan cermin besar di dalam ruangan. Posisi cermin bisa di salah satu dinding ruang yang panjang atau di belakang salah satu perabot.

Cermin akan membangun ilusi ruang baru dalam ruangan sehingga terkesan lebih luas. Cermin dalam ruangan juga akan memperbesar sudut pandang.

Jika anda kreatif, rumah mungil anda akan terlihat lebih indah dan nyaman. Tapi jangan lupa, yang lebih penting lagi, ciptakan kenyamanan dengan cara selalu menjaga keakraban dengan keluarga dan jangan lupa bersyukur..[Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita menghias rumah tips