Tanaman Pembawa Hoky, Pemanis Ruangan

Ini dia tanaman yang mendatangkan keberuntungan di tempat kerja. Baik juga sebagai tumbuhan yang mempercantik dekorasi rumah atau kebun Anda

Ini dia tanaman yang mendatangkan keberuntungan di tempat kerja. Baik juga sebagai tumbuhan yang mempercantik dekorasi rumah atau kebun Anda

1. Bambu Berar Bambu (Bambusa Vulgaris)

1. Bambu Berar Bambu (Bambusa Vulgaris)

Simbolis tentang keberuntungan dan kesuksesan karena ketahanan, kekuatan, dan kemampuannya bertumbuh 

dengan cepat. Tanaman ini menyeimbangkan lima unsur feng shui alami yakni kayu, logam, tanah, air, dan api. Diyakini mengalirkan aura positif di rumah, ruang kerja, maupun kanyor. Bambu hoky ini bisa ditanam sebagai tangkai atau tumbuh menjadi bentuk yang indah seperti piramida.

Tempatkan di dalam vas kaca (atau vas keramik dengan koin) yang penuh dengan batu alam, dengan melilitkan pita merah sebagai lambang yang mewakili api. Beri sedikit pupuk agar akar tetap tumbuh dengan baik. Sebagai hiasan maupun panduan feng shui, letakan Bambu Berar Bambu di ruang kerja atau ruang tamu rumah Anda. 

2. Jade Plant (Crassula Ovata)

2. Jade Plant (Crassula Ovata)

Tanaman giok, yang juga dikenal sebagai pohon uang Asia, dianggap sebagai simbol tanaman utama untuk kemakmuran di banyak kebudayaan Asia. Tanaman sejenis bonsai ini biasa ditempatkan di rumah, kebun, maupun tempat-temapat usaha, karena bentuknya yang cantik dan menarik.

Karena bentuk dan warnanya, orangnya menyandingkan  Jade Plant, dengan batu gioak sebagai pemanis dekorasi ruangan. Beberapa orang bahkan mempercayai feng shui yang menyebutkan, akan sangat baik dampaknya bila diletakan di pintu masuk rumah. Tanaman Jade bisa tumbuh sebagai tanaman indoor atau outdoor dan diletakkan di tempat, dimana tanaman bisa mendapatkan sinar matahari langsung. Anda juga bisa menambahkan kerikil di atas tanah untuk memudahkan drainase air.

3. Pohon Uang (Pachira Aquatica)

3. Pohon Uang (Pachira Aquatica)

Aquadica Pachira dikenal sebagai pohon uang Cina karena daun kelapa yang memiliki lima lobed. Kelima lobus tersebut dianggap beruntung di Asia karena dikaitkan dengan lima unsur feng shui air, tanah, api, kayu, dan logam. Hal ini sering dibedakan untuk batangnya yang dikepang dan daunnya yang subur yang terkadang dibuat untuk membuat kanopi berbentuk bulat. Ini banyak digunakan sebagai tanaman hias di Asia, di mana Anda dapat menemukannya di kantor bisnis dan mal, tumbuh sebagai bonsai, atau diberikan sebagai hadiah selama Tahun Baru Imlek.

Sebagai tanaman asli di lahan basah dan rawa, pohon uang tumbuh subur di tanah lembab dan di lokasi yang cerah dengan naungan parsial. Saat menanamnya di dalam rumah, tempatkan di sudut yang terang benderang dan balikkan secara teratur agar tetap tumbuh lurus dan membesar secara merata.

4. Anggrek Moth (Phalaeonopsis Orchid)

4. Anggrek Moth (Phalaeonopsis Orchid)

Tanaman ini sangat populer di Asia lantaran banyak perusahaan-perusahaan besar menempatkan sebagai tanaman utama, karena menurut feng shui sangat menguntungkan dan memberi inspirasi. Jenis anggrek ini diyakini memancarkan aura keberuntungan karena memberikan sinar dari warnanya yang keungu-unguan.

Bunga ini bisa tumbuh di sebagian besar media pot anggrek, seperti kulit pohon atau arang. Idealnya ditempatkan di lokasi outdoor yang teduh dengan cahaya rendah dan disiram secukupnya agar media pot tetap lembab. Bunga anggrek ini bisa mekar selama seminggu sampai dua bulan dan sangat cantik bila digunakan sebagai bunga pernikahan, khususnya di daerah-daerah tropis Asia.

5. Peace Lily (Spathiphyllum Wallisi)

5.  Peace Lily (Spathiphyllum Wallisi)

Kekhasan dari bunga jenis Lily ini karena tampilannya yang sederhana namun berkesan teduh. Tanaman ini juga bisa digolongkan jenis anthurium yang membawa keberkahan dan harmoni kehidupan. Selain itu, secara alamiah, bunga ini memiliki kemampuan membersihkan udara dalam ruangan dan menyerap racun disekitarnya. 

Jenis ini sebaiknya diletakan di tempat yang langsung mendapatkan paparan sinar matahari, dan dikelompokan dengan tanaman-tanaman lainnya. Bunga bakung ini pun, memiliki waktu yang lama saat bunga putihnya itu mekar diantara rindang dedaunannya.

6. Citrus and Lime Trees

6. Citrus and Lime Trees

Jeruk dan jeruk nipis dianggap simbol kesehatan, umur panjang, kekayaan, dan kemakmuran. Serupa dengan tanaman bambu, menggunakan buah jeruk atau jeruk nipis selama Tahun Baru Imlek, dapat mendatangkan keberuntungan bagi keluarga dan bisnis di tahun yang akan datang. Tanaman jeruk sering tumbuh sebagai bonsai atau dibeli sebagai tanaman buatan.

Sebaiknya tempatkan mereka di jalan masuk untuk mendorong kesuksesan dan arus uang yang positif.

Tips panduan tanaman hoky

1. Pilih tanaman berbunga dengan daun bulat atau  dedaunan dalam jumlah yang banyak. 

2. Hindari menempatkan tanaman runcing dan berduri di depan rumah Anda-di dalam maupun di luar pagar. Bsa memecah aliran positif kekayaan dan kesuksesan.

3. Saat mengatur tanaman, arahkan agar ‘berpasangan’ untuk menjaga keseimbangan yin dan yang di tempat Anda.

4. Yang terpenting, selalu perhatikan jenis atau berapa tanaman yang bisa Anda kelola. Karena Anda harus menjaga pertumbuhannya agar mengundang aliran chi yang positif.

(Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita manfaat tanaman dekorasi tumbuhan