Sudahkah Anda Memiliki 'Dana Darurat' ?

Setiap hari-minggu-bulan, tidak terlepas dari pengeluaran rutin yang harus tersedia guna mencukupi kebutuhan hidup harian selama satu bulan. Bayangkan, bila suatu saat, manakala pos-pos pembiayan harus dibayarkan, sementara dana yang ada terpakai untuk ke

Inilah peran dari dana darurat. dana darurat adalah uang yang tersedia hingga mencukupi 3-6 bulan biaya hidup.

Penyediaannya, dengan mengecek saldo yang ada direkening, apakah sudah bisa 'mengamankan' kondisi selama 3 sampai 6 bulan kedepan, apabila terjadi hal-hal yang urgen yang memerlukan dana cukup besar. Keperluan mendadak dan darurat inilah, yang mewajibkan adanya alokasi dana tersendiri.Lebih baik lagi, jika jumlah tersebut mampu mengcover kebutuhan hingga 6 bulanke depan.

Adapun dana darurat akan sangat terasa manfaatnya ketika Anda dan keluarga berada dalam kondisi darurat. Misalnya, membiayai salah satu anggota keluarga yang terpaksa harus dirawat di rumah sakit. Atau membantu sanak family terdekat yang mengalami kesusahan dan musibah lainnya.  Meskipun memiliki asuransi kesehatan, tidak semua penyakit dan biaya perawatan di rumah sakit bisa diklaimke asuransi. Dalam keadaan seperti ini, dana darurat akan sangat membantu sehingga tidak perlu berhutang pada orang lain.

Meski tengah aktif bekerja pun, dana darurat sebaiknya dipersiapkan. Karena alokasi ini sangat bermanfaat manakala seorang ayah sebagai kepala keluarga, misalnya, tidak memiliki penghasilan untuk membiayai keluarga sementara waktu. Dana darurat bisa dipakai untuk menghidupi keperluan keluarga sementara ayah mencari pekerjaan yang lain.

Cara memulai untuk mengumpulkan dana darurat, bisa diawali dengan mengetahui kebutuhan keluarga selama satu bulan. Misalkan, biaya rutin yang harus dikeluarkan adalah sebenyak 4 juta, maka pengumpulan dana ini bisa 'dicicil' sampai memenuhi 3 kali jumlah pengeluaran dalam sebulan tersebut. Supaya lebih gampang, bisa dimulai dengan menyiapkannya untuk 1 bulan pengeluaran rutin. Usahakan setiap bulan, menyisihkan sekitar 10 persen pada tabungan tertentu. Karena sebaiknya, memang 'dana penyelamat' ini tidak menyatu dengan rekening gaji atau transaksi harian.

Mulailah membiasakan diri untuk berdisiplin dalam menabung dengan menganggarkan secara khusus dana darurat ini pada rekening yang terpisah. Supaya tidak tersedot oleh keperluan-keperluan yang lain. (Maria)

astaga wanita wanita karir dana