Siap Berinvestasi

Investasi di bisnis apa yang paling menarik dan sedikit resiko?

1. INVESTASI

INVESTASI

Investasi di bisnis apa yang paling menarik dan sedikit resiko? Jawabannya ada pada diri Anda. Bisnis apapun berisiko. Investasi apapun memiliki risiko tersendiri yang dipengaruhi oleh kondisi ekonomi baik mikro maupun makro, politik, sosial, serta kebijakan pemerintah. Namun, jika dilihat dari produk dan proporsi nilainya, investasi properti memiliki risiko paling rendah. Bila mengandalkan diri sendiri, kita lebih siap dan waspada manakala menghadapi permasalahan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan bila mengandalkan diri sendiri.

Pertama, Waktu (Time)

Kebebasan waktu tidak bisa didapat oleh setiap orang yang bekerja untuk orang lain. Investasi dalam bisnis sangatlah baik, Anda akan mendapatkan kebebasan waktu dalam hidup ini. Syaratnya adalah manajemen bisnis yang baik, profesional, dan berkesinambungan. Artinya, pilihan ada di tangan Anda. Anda akan menghabiskan waktu seumur hidup untuk mengatur bisnis Anda sendiri—dengan kata lain, bisnis yang mengatur Anda, atau Anda hanya menghabiskan waktu 2-5 tahun saja lalu Anda mendapatkan kebebasan waktu—dengan kata lain, Anda yang mengatur bisnis.

Kesuksesan dalam berbisnis dan kebebasan waktu adalah sebuah pencapaian yang pasti akan diraih, selama Anda melakukan tindakan yang tepat dengan cara yang benar dan pada waktu yang tepat.

Kedua, Uang (money)

Bicara tentang uang berarti kita sedang berbicara tentang perencanaan keuangan. Sebelum memulai investasi, pemahaman tentang rencana keuangan pribadi sebenarnya sangat bermanfaat dalam pengambilan keputusan seorang investor.

Investasi uang untuk berbisnis hendaklah diperhitungkan secara matang. Kesalahan dalam melangkah dapat menyebabkan kerugian yang tidak terbatas. Beragam pertanyaan yang muncul ketika membahas tentang uang; kapan waktu yang tepat untuk memulai bisnis?,  berapa uang yang harus dikeluarkan untuk memulai suatu bisnis?, apakah benar investasi di bisnis (tertentu) dapat menguntungkan Anda dalam hitungan bulan? apa dasar perhitungannya?

Di luar dari semua pertanyaan itu, yang terpenting adalah kebebasan waktu. Dengan berinvestasi uang di bisnis tertentu, apakah Anda akan mendapatkan kebebasan waktu? Anda akan mendapatkan kebebasan waktu tapi lebih dulu tentukan bisnis yang akan Anda geluti.

Ketiga, Tenaga (power)

Jangan sia-siakan tenaga Anda hanya untuk mengurus bisnis yang tidak ada kemajuannya. Jangan sampai berhenti di tempat atau diam tanpa gerak, apalagi menjadikan bisnis sebagai tempat pelarian karena pengangguran. Hal ini akn membuat tenaga Anda terkuras tanpa bekas.

Keempat, Pikiran (Thinking)

Waktu, uang, tenaga, dan pikiran adalah satu kesatuan yang tidak dapat Anda pisahkan, apalagi ketika Anda terjun ke dunia bisnis. Pikiran akan terkuras jika Anda menjalankan bisnis secara manual, tidak ada konsep yang jelas, tidak memiliki manajemen yang profesional, dan tidak berdasarkan prinsip entrepreneurship.

Di sisi lain, untuk mengembangkan bisnis diperlukan creative thinking, yaitu proses berfikir kreatif untuk memecahkan masalah yang orisinal dan berguna.Kemampuan berfikir kreatif hendaklah dimulai dari diri Anda sendiri, dibangun dengan kesanggupan menciptakan ide baru dalam bebisnis.

Kelima, Keluarga (family)

Investasi dalam bisnis selanjutnya adalah keluarga. Mulailah dari keluarga Anda dahulu sebelum mengajak orang lain. Sebab, keluarga memiliki kedekatan emosional yang akan terbangun ketika Anda berniat untuk memulai suatu bisnis. Jangan pernah meremehkan saran, masukkan, nasihat, bantuan, dan pandangan dari keluarga Anda. Libatkan mereka dalam perencanaan bisnis agar investasi yang Anda tanamkan bisa lebih maksimal dan meminimalkan risiko.

Keenam. Harga diri (Prestige)

Apa pengertian dari prestige? Kenapa bisnis bisa menjadi prestisius bagi pebisnis?Prestige atau gengsi, martabat, wibawa, dan wibawa keluarganya akan terangkat dalam kehidupan masyarakat. Bagi sebagian lainnya, prestise adalah sikap percaya akan kemampuan diri dalam menonjolkan suatu karya kepada orang lain.

Berbisnis dengan cara yang benar dan profesional otomatis mengangkat derajat Anda, keluarga Anda, dan orang-orang yang hidu di sekitar Anda. Artinya, dalam berbisnis, harga diri Anda dipertaruhkan. Jadi, bisnis adalah tantangan nyata bagi Anda. Sekali terjun jangan tanggung-tanggung, sekali basah langsung berenang sekalian.(Editor: Maria L. Martens)

investasi bisnis keuangan