Rumah Bersubsidi Makin Dipopulerkan Pemerintah

Beragam promo menarik yang ditawarkan para developer mulai dari uang muka ringan yang dapat dicicil, hadiah langsung, hingga diskon besar-besaran.

Para pengembang berlomba memberikan kemudahan dan berbagai promosi pada ajang Indonesia Property Expo (Ipex) 2017, yang dibuka Presiden RI Joko Widodo,  karena dinilai merupakan momentum yang tepat untuk mendongkrak penjualan. 

Beragam promo menarik yang ditawarkan para developer mulai dari uang muka ringan yang dapat dicicil, hadiah langsung, hingga diskon besar-besaran. Strategi ini juga dilakukan oleh pengembang kota mandiri Harvest City Cibubur. Developer menyediakan uang muka atau down payment (DP) hanya Rp 3 juta, bunga kredit rendah yakni 5 % selama 1 tahun, dan 8 % tahun kedua, hingga ketiga.

Pengembang lainnya, Pikko Group menawarkan hunian premium di lokasi strategis di sekitar Jakarta dengan harga spesial ditambah berupa diskon uang muka, bunga ringan dan gimmick lainnya.

Dalam IPEX 2017 ini, juga digelar kemudahan memiliki rumah bersubsidi dengan harga Rp 110 hingga Rp 140 juta. Pemerintah rupanya menaruh perhatian besar terhadap program perumahan bersubsidi dan industri properti secara keseluruhan. Alokasi subsidi dan belanja perumahan tahun 2015-2019 di Kementerian PURR mencapai Rp 74 triliun.

Pemerintah meyakini, dengan angka yang lumayan besar tersebut, pergerakan properti bisa melaju kencang. Fasilitas Pembiayaan Perumahan (FLPP), merupakan subsidi yang diadakan pemerintah kepada masyarakat yang menginginkan bisa membeli rumah dengan harga yang baik dan tidak terbebani oleh bunga. (Editor: Maria L. Martens)

rumah properti investasi