Potensi Pasar Produk Investasi Tinggi

Meningkatnya jumlah penduduk kelas menengah di Indonesia dianggap merupakan potensi asar manajemen kekayaan atau wealth management yang besar.

Kepala Manajemen Kekayaan dan Bisnis Digital PT Banl Commonwealth Ivan Jaya mengatakan indikator besarnya potensi pasar manajemen kekayaan ialah baru terdapat 523 ribu investor reksadana di Indonesia, atau sekitar 0,2% dari total penduduk.

Selama ini kebanyakan orang Indonesia lebih cenderung memilih produk-produk tradisioanal, seperti tabunhan, emas, properti, atau tanah. Namun tren menunjukan peningkatan kesadaran berinvestasi di produk perbankan yang mutakhir, terutama di kalangan generasi muda. 

Ivan pun mengatakan faktor eksternal juga berperan penting dalam pertumbuhan manajemen kekayaan, seperti pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang lebih baik, keberhasilan program pengampunan pajak, serta peringkat layak investasi dari lembaga pemeringkat.

Di sisi lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga serius dalam menjalankan program-program edukasi investasi kepada masyarakat dan mengembangkan produk baru sebagai alternatif investasi. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita keuangan produk investasi