Pengusaha Indonesia Siap Ekspansi Ke Afsel

Bersama 21 pengusaha Indonesia, Menteri Perdagangan menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Afsel yang terselenggara atas kerja sama Departemen Perdagangan dan Industri Afrika Selatan.

Bersama 21 pengusaha  Indonesia, Menteri Perdagangan menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Afsel yang terselenggara atas kerja sama Departemen Perdagangan dan Industri Afrika Selatan, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Pretoria, serta Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg.

Para pengusaha ini berasal dari sektor pertanian (kopi, kelapa, dan kelapa sawit), hingga manufaktur (ban mobil, bumbu dan bahan makanan, kertas rokok, kertas tulis, produk tekstil, alas kaki, atap, bahan bangunan dan konstruksi), serta sektor keuangan. Tujuannya,  ingin menggali lebih dalam informasi mengenai potensi ekonomi di Afsel dan mengeksplorasi kemungkinan kerja sama bisnis dengan Afsel. “Para pegusaha tertarik datang ke Afsel di tengah-tengah pertanyaan mengenai isu pertumbuhan penduduk yang tinggi dan globalisasi di Afrika untuk membangun kolaborasi bisnis jangka panjang,” imbuh Enggar. 

 “Afsel merupakan negara yang memiliki posisi yang strategis pada SACU. Afsel juga memegang peranan utama di kawasan Afrika. Sementara Indonesia memiliki posisi strategis di kawasan Asia Tenggara,” kata Mendag. 

Selain itu, untuk mendorong terjadinya realisasi ekspor antara peserta misi dagang dengan pelaku usaha di negara tujuan misi dagang, Pemerintah juga akan memanfaatkan skema imbal dagang (counter trade). Sebagai lembaga pembiayaan ekspor Indonesia, Eximbank menyatakan komitmennya siap mendukung pelaksanaan skema imbal dagang tersebut.  

Kinerja perdagangan Indonesia diprediksi mencapai angka triliunan dolar pada 2020. Indonesia saat ini juga merupakan ekonomi terbesar ke-16 dunia. Posisi ini diperkirakan akan meningkat ke peringkat 7, menggatikan Jerman dan Inggris. Populasi Indonesia juga berkembang pesat dengan pertambahan penduduk sebesar 90 juta jiwa dalam jangka waktu 20 tahun ke depan yang akan memacu konsumsi domestik. 

Pada kesempatan tersebut, Mendag juga mengundang para pelaku usaha dari Afsel untuk menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) ke-32 yang akan diselenggarakan pada 11-15 Oktober 2017 di Jakarta, Indonesia. Acara ini akan mencakup 1.100 peserta pameran dan diharapkan dihadiri oleh lebih dari 16.000 pembeli dari seluruh dunia 

“Kenali Indonesia untuk data saling terhubung dan bermitra karena Indonesia menawarkan banyak kesempatan untuk berkembang bersama,” pungkas Enggar. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita investasi keuangan ekspansi afsel pengusaha