OJK Mendorong Minat Perempuan di Pasar Uang

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S. Soetiono, mengungkapkan kaum Perempuan harus semakin cerdas dan mandiri dalam segi perekonomian. Mengapa ?

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S. Soetiono, mengungkapkan kaum Perempuan harus semakin cerdas dan mandiri dalam segi perekonomian. Menurutnya, tingkat pemahaman perempuan terhadap literasi keuangan sangatlah penting. Karena peran perumpuan dalam rumah tangga, baik dalam sekala kecil atau dalam perusahaan, maupun pemerintahan dalam skala besar cukup membawa pengaruh di setiap penerapan kebijakan. Misalnya, memahami dinamika pasar uang yang mengacu pada 71 UU No.1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara yang mengatur penggunaan SUN sebagai instrumen moneter.

Pasaruang yang berfungsi dengan baik memiliki peranan penting untuk pengelolaan likuiditas bagi pelaku pasar keuangan. Di samping, mendukung efektivitas kebijakan moneter,  pencapaian stabilitas sistem keuangan, dan kelancaran sistem pembayaran. OJK pun giat menumbuhkan kesadaran perempuan untuk terlibat dalam dinamika perputaran uang. Misalnya, mendorong kaum perempuan  bersikap terbuka dan uptodate terhadap perkembangan percaturan perbankan tanah air.

Salah satunya, mengamati peristiwa yang tengah menghangat saat ini, yaitu langkah  Bloomberg  yang baru saja meluncurkan platform analisis reverse repurchase agreement (repo) dan perdagangan. Platform tersebut ditujukan bagi para pelaku pasar uang di Indonesia dalam rangka memperluas dan memperdalam pasar.  

Saat ini, BankNegara Indonesia (BNI) menjadi salah satu bank yang diperdagangkan di Platform Repo Bloomberg. Dalam peluncuran platform tersebut pihak Blommberg berkolaborasi dengan Money Market Working Group (MMWG) di Indonesia Foreign Exhange Market Committee (IFEMC), serta bekerja sama dengan lebih dari 20 bank untuk mengembangkan solusi pasar uang yang sesuai dengan regulasi di Indonesia.

Platform Repo Bloomberg merupakan platform komunikasi antara pihak penjual dan pembeli repoyang menyediakan kalkulasi berstandar serta menyediakan transparansi informasi mendetil mengenai jaminan suatu transaksi repo. Platform ini juga memiliki sistem konfirmasi yang cepat dan efisien yang dapat memperlancar transaksiantara pembeli dan penjual sehingga dapat meminimalisasi kesalahan. (MLM)

astaga wanita pasar uang usaha bisnis keuangan