Menyiasati Keuangan Rumah Tangga

Selama ini, banyak hal yang membuat keuangan rumah tangga menjadi boros. Di antaranya adalah "lapar mata". Hal yang tidak perlu seringkali dibeli hanya untuk memenuhi hasrat semata.

freepik

Untuk mengatasinya, ada beberapa tips berikut ini :

1. Buat planning

Meski terdengar klise, tapi anggaran yang terencana, cukup efektif  untuk mengendalikan pengeluaran rumah tangga. Biasakan setiap menerima penghasilan, segera pisahkan mana biaya kebutuhan sekolah anak,biaya bulanan rumah tangga, seperti belanja bulanan, listrik, telepon dan tagihan lainnya. Untuk memudahkan, simpan dalam amplop terpisah dan beri tanda untuk setiap pos pengeluaran. Dan jangan mengutak-atik setiap amplop, kecuali untuk pengeluaran yang sesuai.

2. Buat kesepakatan

Jujur, pasti anda pernah merasa tak tahan untuk memakai uang yang telah dianggarkan, untuk kebutuhan yang sebetulnya tidak penting. Nah buatlah kesepakatan dengan pasangan, untuk tidak saling memakai anggaran yang telah ditetapkan. Jika salah satu terlanjur memakai anggaran, harus siap menggantinya dengan dana pribadi.

3. Jangan menyimpan uang cash dalam rumah

Salah satu alasan yang membuat kita begitu mudah tergoda mengeluarkan uang adalah karena kita memegang uang tunai. Sehingga keinginan untuk belanja begitu kuat. Sebaiknya sediakan uang tunai seperlunya saja. Simpan uang anda dalam bentuk tabungan atau deposito tanpa ATM dan kartu kredit. Karena kartu ATM dan kartu kredit, juga akan membuat anda tergoda berbelanja yang tidak perlu.

Intinya, bijaklah memanfaatkan penghasilan. Gunakan uang hanya untuk kebutuhan, bukan keinginan semata, apalagi hanya demi gengsi. Ingat, berhemat bukan berarti pelit loh. [Tri]

keuangan astaga wanita rumah tangga wanita karir