Menjadi Broker Properti ? Mengapa tidak..!

Apapun profesi yang anda geluti, kuncinya adalah kerja keras. Baik itu dokter, tentara, guru, pebisnis dan sebagainya.

Sama halnya dengan profesi lain, menjadi broker properti juga butuh proses untuk sukses.

Meski terdengar mudah, menjadi broker properti tidak sesederhana yang dibayangkan. Menjadi broker properti  bukan sekedar mempertemukan antara penjual dan pembeli properti, kemudian mendapatkan fee.

Prinsip-prinsip kerja keras, kerja cerdas dan tuntas juga perlu dipegang  anda yang ingin terjun di bisnis properti, termasuk broker properti.  Nah, jika anda tertarik menjadi broker properti, mungkin bisa menerapkan tips berikut ini:

# Pahami apa itu properti

Ketika kita bicara properti, maka didalamnya termasuk tanah, gudang, rumah, apartemen, ruko, kos-kosan, pabrik, SPBU, hotel, dan lain-lain. Jadi tanah dan semua bangunan yang berdiri di atasnya bisa disebut sebagai properti. Memahami properti tentu tidak bisa hanya berdasarkan teori. Kita perlu praktek, berdiskusi, mempromosikan dan terlibat lebih lanjut.

# Cobalah jadi Refferal.

Sebelum anda berprofesi sebagai broker profesional, anda bisa menjadi Refferral alias bekerjasama dengan broker properti profesional, seperti Century21, Ray White, ERA atau lainnya. Dengan kerjasama, anda bisa dapat ilmu dari partner tersebut. Anda juga tidak harus meluangkan waktu terlalu lama, ketika anda baru memulai dan belum bisa mengharapkan penghasilan tetap dari profesi ini. Dengan jadi Refferal, anda hanya perlu, menemukan properti yang dijual, owner dan mempertemukan dengan partner yaitu broker profesional. Jadi anda bisa mendengar, apa yang dibicarakan sang broker profesional dan owner. Sehingga anda bisa mendapatkan ilmu gratis.

# Bergabunglah dengan perusahaan broker properti

Ada banyak perusahan broker properti yang bisa anda masuki. Ada International Brand dan ada Local Brand. Setiap Brand akan memberikan training, untuk membekali anda berbagai aspek pengetahuan tentang properti. Sehingga anda layak bertemu dengan owner, buyer serta pihak lain yang akan membantu transaksi anda seperti notaris dan pihak perbankan.

# Perbanyak listing

Perbanyak informasi tentang properti yang akan dijual. Pasang mata dan telinga, untuk memiliki dan perbanyak informasi  dagangan. Ketika tahu ada properti yang dijual, bangun keberanian anda, temui mereka. Bertanyalah seolah-olah anda pembeli yang sangat ingin tahu detil propertinya, lalu sampaikan dengan sopan,  anda akan membantu menjual properti mereka, agar terjual lebih cepat.

# Perbanyak relasi

Semakin banyak anda berteman, artinya semakin banyak yang mengetahui profesi anda. Tentu saja ini akan menguntungkan anda. Karena satu orang yang anda kenal berpotensi sebagai partner atau customer anda.

Anda bisa perbanyak kawan dengan ikut kegiatan sosial, komunitas,  sosial media, dan masih banyak cara lainnya.

Apapun bisnis yang anda jalan, jangan pernah lupa untuk selalu bersemangat. Banyak orang yang memutuskan menjalankan bisnis properti hanya karena tergiur fee atau bonusnya.  Mereka lupa bahwa semua harus melalui proses. Bahkan banyak yang akhirnya down karena harapan tak sesuai kenyataan. Maka, lecut terus semangat anda hingga tercapai impian anda. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita properti broker profesi investasi wanita karir