Menata Ruang Kerja Pribadi

Anda termasuk yang ulet dalam bekerja? Atau saat ini tengah melakukan pekerjaan penting yang mengharuskan Anda bekerja di rumah?

Ruang yang nyaman dan tertata rapi, boleh jadi bisa mendukung konsentrasi Anda dalam bekerja. Ikuti cara ini untuk menatanya, sehingga Anda pun bisa khususk bekerja senyaman di kantor.

Tempat yang difungsikan menjadi ruang kerja

Ada dua kemungkinan  dalam memilih ruang kerja di rumah. Pertama, menggabungkan ruang kerja dengan ruangan lain di rumah seperti kamar tidur. Atau,  khususkan satu ruangan untuk dijadikan sebagai ruang kerja. Ruang kerja yang lengkap dan nyaman tidak harus memiliki ruangan yang luas seperti ruangan kerja dikantor. Bila anda memiliki rumah yang tidak terlalu besar, bisa dengan memanfaatkan sedikit ruang kosong  yang tersisa untuk dijadikan ruang kerja. Misalkan di area ruang keluarga atau ruangan kamar. Ruang kerja yang ideal sebaiknya jauh dari keramaian dan segala gangguan, karena saat bekerja, Anda memerlukan pada apa yang sedang anda kerjakan.

 Membuat desain ruangan

Setelah menemukan ruangan yang cocok untuk bekerja, tahap berikutnya adalah membuat desain ruang kerja. Hal lain yang menyenangkan dari memiliki sebuah ruang kerja pribadi adalah Anda bisa mendesain sendiri ruang kerja yang diinginkan. Anda bisa memilih sebuah tema khusus yang diikuti memilih warna cat dan furnitur yang sesuai dengan tema.

 Menata perlengkapan kerja 

Siapkan furnitur dan perlengkapan kerja apa saja yang  dibutuhkan. Furniture utama yang harus disiapkan adalah meja kerja, kursi, komputer, atau laptop. Selebihnya bisa dengan menambahkan hal-hal kecil seperti hiasan dinding, jam, peralatan tulis, dan buku-buku. Pastikan semua hal yang dibutuhkan tersedia di ruang kerja anda.

Desain ruangan senyaman mungkin

Langkah selanjutnya adalah, mempertimbangkan kenyamanan desain dan penataan ruang kerja. Ciptakan ruang kerja yang membuat Anda senang dan betah  bekerja di rumah. Salah satu faktor yang mendukung kenyamanan kerja adalah, pemilihan kursi dan pengaturan meja. Pilihlah kursi yang membuat nyaman bekerja. Apalagi jika pekerjaan mengharuskan duduk berjam-jam didepan komputer. Sesuaikan tinggi meja dan kursi. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kerapihan ruangan. Menjaga kebersihan ruangan sangatlah penting, karena ruangan kerja yang kotor dan berantakan akan membuat suanana kerja menjadi kurang kondusif.

Pencahayaan dalam ruang kerja

Bekerja dengan barang elektronik seperti laptop, otomatis mata akan terkena radiasi cahaya. Pastikan cahaya di ruangan kerja cukup  untuk itu, pilihlah lampu yang tepat dan warna yang tidak mencolok.  Selamat bekerja! (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita wanita karir properti investasi keuangan