Memprediksi Kebutuhan Finansial Masa Depan

Mulailah memikirkan dan rencanakan merencanakan kebutuhan finasial Anda kelak!

Bisa diawali dengan membuat daftar tujuan finansial dalam tiga kategori; jangka pendek (kurang dari 1 tahun), misalnya perencanaan dana darurat, membeli HP baru, jangka menengah (!-3 tahun), misalnya membeli mobil, liburan ke luar negeri dan panjang (lebih dari 5 tahun), misalnya dana pendidikan dan dana pensiun. 

Paling afdol apabila rencana finansial masa depan tersebut didiskusikan dalam berkeluarga. Karena tanpa visi dan cita-cita yang sama serta kekompakan dan kesepakatan bersama, akan sulit meraih mimpi bersama.  Kalau single, bolehlah mencatat kebutuhan diri sendiri kelak. 

Setelah menulis jangka pendek, menengah, dan panjang, Anda menyadari bahwa sebenarnya kebutuhan dan keinginan jauh lebih banyak daripada yang pernah dibayangkan. Anda ingin menyusun rencana liburan tahunan, merasa perlu membuka tabungan pensiun, atau membeli asuransi pendidikan anak. Anda mulai berpikir bahwa gaji UMR tidak akan cukup untuk memenuhi semua tujuan keuangan. 

Menyiapkan dana pensiun sejak dini

Apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar kata ‘pensiun’? Dalam kondisi ekonomi saat ini, sebaiknya Anda tidak lagi berpikir bahwa pendiun hanya monopoli mereka yang berusai 50 tahun ke atas. Anda semua, terutama karyawan swasta, sangat perlu untuk mempersiapkan pensiun sejak dini. Ingat, biaya hdup di masa depan bisa dipastikan akan selalu mengikat. Tentu setiap orang tidak ingin hidup dalam masa pensiun serba kekurangan dan meminta belas kasih anak cucu. Oleh karena itu, pensiun sebaiknya dipersiapkan sejak dini. Bahkan, saat Anda baru pertama kali mula bekerja jika perlu.

Nah yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi masa pensiun tentu saja sejumlah dana untuk membuata kebutuhan Anda sendiri (atau mungkin bersama pasangan) agar tidak lagi bergantung pada orang lain. Mungkin Anda bingung bagaimana mengumpulkan sejumlah dana yang besar untuk nanti, sedangkan sekarang saja kehidupan masih sangat pas-pasan. Anda tidak perlu khawatir ada kendaraan investasi yang cukup nyaman digunakan untuk tujuan jangka panjang. Kendaraan cukup cepat dalam mencapai tujuan keuangan dan dana yang disisihkan untuk bahan bakar cukup hemat dan terjangkau. (Editor:Maria L. Martens)

astaga wanita wanita karir finansial masa depan keuangan