Latihan Memulihkan Kondisi Keuangan, Sebelum Berinvestasi

Wanita dikenal sebagai penabung yang hebat, meski ragu bila ditawarkan berinvestasi. Namun kalau telah yakin dengan pilihannya, kaum wanita bisa lebih 'nekad' menyediakan modal untuk berinvestasi daripada pria. Namun sebelum itu, coba dilihat kondisi keua

Wanita dikenal sebagai penabung yang hebat, meski ragu bila ditawarkan berinvestasi. Namun kalau telah yakin dengan pilihannya, kaum wanita bisa lebih 'nekad' menyediakan modal untuk berinvestasi daripada pria. Namun sebelum itu, coba dilihat kondisi keuangan Anda. Apakah sudah 'sehat' dan siap untuk bersaing di dunia bisnis?

Seperti badan manusia, kesehatan keuangan tentu sangat penting. Jika keuangan tidak sehat, sulit untuk melakukan aktivitas keuangan lainnya, seperti menabung, berinvestasi, melaksanakan rencana keuangan, atau aktivitas keuangan lainnya.

Tiga pertimbangan ini, bisa dijadikan panduan untuk melatih kondisi keuangan dan memperbaikinya sebelum digunakan untuk perinvestasi.

Biasakan untuk mengontrol penggunaan keuangan. Mengontrol pos pengeluaran, khususnya pengeluaran yang kurang atau tidak perlu. Boleh jadi sebelum membelanjakan uang, Anda merasa baik-baik saja karena baru gajian atau harga barang relatif murah. Contoh lainnya, adalah mentraktir  teman makan-makan. Jika kebiasaan ini sering dilakukan, dapat saja terjadi hal-hal yang tidak terduga. Siapa yang tahu, setelah mentraktir teman, esok harinya Anda harus menguras tabungan karena sepeda motor ditabrak orang. Padahal, Anda tidak punya ukup uang untuk mengantisipasi hal-hal semacam itu

Langkah bijak, tentukan prioritas. Tidak menentukan skala prioritas dalam menggunakan dana. Mentraktir teman setelah gajian adalah contoh yang baik penyebab kebangkrutan. Mentraktir teman, jalan-jalan ke luar kota, dan belanja baju baru adalah contoh pengeluaran yng sebaiknya ditunda sampai selesai membayar semua tagihan bulanan dengan uang gaji Anda. Biasakan untuk membayar lunas dahulu semu tagihan dan cicilan sebelum mengeluarkan uang untuk bersenang-senang.

Tentukan perencanaan keuangan. Tidak adanya perencanaan merupakan penyebab defisit pada keuangan. Anda tentu tahu bahwa pengeluaran dana yang tidak didasari oleh perencanaan keuangan yang baik, biasanya dilakukan secapa sepontanitas, tanpa rencana, dan tidak memikirkan akibat jangka panjang. 

Beberapa latihan keuangan ini, bisa membantu untuk memulihkan kondisi keuangan. Bahkan langkah tepat untuk mempersiapkan diri berinvestasi. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita keuangan investasi bisnis