Konsep Smart City Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Konsep smart city dianggap dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah masing-masing. Karenanya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mendorong pemerintah daerah mengembangkan konsep tersebut.

Mantan Menteri Keuangan tersebut mengatakan pengembangan konsep kota pintar dapat membuat dunia usaha di daerah semakin produktif dan efisien. Kondisi dunia usaha yang kondusif tersebut, kata Agus, akan dapat berdampak positif pada daya saing dan pertumbuhan ekonomi di daerah setempat.

Agus juga mengatakan upaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah selain melalui inovasi konsep kota pintar juga dapat dilakukan dengan diversifikasi sumber ekonomi, pembangunan kawasan industri, dan pendalaman pasar keuangan. Ia juga  menyampaikan optimisme kepada pemimpin-pemimpin daerah terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diproyeksikan di kisaran 5,2%  pada 2017.

Maka Gubernur BI mengajak pemimpin daerah menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang pada 2017 telah menunjukkan indikasi pemulihan. Agus pun menambahkan, bahwa pertumbuhan ekonomi juga perlu didorong untuk inklusif dan inflasi harus dijaga agar tetap rendah dan stabil. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita keuangan wanita karir investasi