Izin Investasi Kian Mudah Di Daerah

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memanfaatkan teknologi informasi guna mempermudah masyarakat mengurus izin investasi.

Melalui aplikasi DPMPT Mobile, calon investor dapat mengurus perizinan tanpa perlu datang ke kantor pelayanan terpadu.

Inovasi yang dilakukan ini, juga didorong karena adanya pembangunan bandara internasional di Kulon Progo. Keberadaan bandara ini telah menjadi magnet bagi para investor.  Memanfaatkan momentum ini, perintah daerah meluncurkan aplikasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Mobile.

Selain mempermudah izin investasi, aplikasi DPMPT Mobile juga memberikan layanan lain yang dibutuhkan calon investor. Terdapat lima fitur utama dalam aplikasi ini, yakni perizinan mobile, IKM, peluang investasi, tanglet center, dan pengaduan.

Fitur perizinan mobile digunakan untuk mengisi formulir perizinan, sementara fitur IKM digunakan untuk mengisi survei tingkat kepuasaan terhadap layanan DPMPT Kulon Progo. Calon investor juga dapat membuka fitur peluang investasi untuk mendapat informasi terkait potensi investasi di daerah itu.

Calon investor yang membutuhkan layanan konsultasi sebelum memutuskan berinvestasi dapat menggunakan fitur tanglet center yang terhubung dengan staf DPMPT Kulon Progo sebagai ooperator. Terakhir, terdapat fitur pengaduan yang dipakai apabila pengguna menemukan penyalahgunaan wewenang dalam penyelenggaraan pelayanan publik. 

Hasto optimis aplikasi ini dapat meningkatkan daya tarik Kulon Progo bagi masyarakat yang ingin berinvestasi. Kehadiran aplikasi DPMPT Mobile ini juga dimanfaatkan untuk membentuk citra Kulon Progo sebagai daerah yang ramah berinvestasi. 

Sejak dirilis Google PlayStore 13 Juli 2017, aplikasi DPMPT Mobile telah diunduh belasan kali. Slain lewat aplikasi berbasis Androidm layanan ini juga bisa diakses melalui situs resmi DPMPT Kulon Progo, yakni dpmpt.kulonprogokab.go.id. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita wanita karir investasi keuangan yogyakarta