Duet Vasanta-ITB Kembangkan Inovasi Technopark

Technopark merupakan salah satu bentuk wadah untuk menghubungkan institusi perguruan tinggi dengan dunia industri.

Technopark merupakan salah satu bentuk wadah untuk menghubungkan institusi perguruan tinggi dengan dunia industri. Definisidari Technopark atau Sciencepark adalah suatu kawasan terpadu yang menggabungkan dunia industri, perguruan tinggi, pusat riset dan pelatihan, kewirausahaan, perbankan, pemerintah pusat dan daerah dalam satu lokasi yang memungkinkan aliran informasi dan teknologi secara lebih efisien dan cepat.

Saat ini, dimulainya babak baru pengembangan technopark di kota Bandung. Adalah PT Sirius Sentosa yang menggeluti pembangunan ini bekerja sama dengan Institut Tehnologi Bandung (ITB). Duet keduanya, akan melahirkan Techno park University di kawasan Vasanta Innopark Cibitung, Bekasi.

Pembangunan proyek yang akan dimulai tahun 2018 ini, diharapkan menjadi market yang besar bagi perusahaan dalam mengembangkan proyek residential. Kedepannya, program ITB Technopark Bekasi ini, tidak hanya melibatkan ITB sebagai aktor akademisi, juga melibatkan perguruan tinggi berstandar internasional seperti universitas yang berasal dari Jepang dan perguruan tinggi lainnya yang terdapat di wilyah Bekasi dan sekitarnya untuk bergabung.

Technopark memiliki beberapa fasilitas, antara lain inkubator bisnis, angel capital, seed capital, venture capital. Stakeholder dari suatu technopark biasanya adalah pemerintah (biasanya pemerintah daerah), komunitas peneliti (akademis), komunitas bisnis dan finansial.
Stakeholder bekerjasama untuk mengintegrasikan penggunaan dan pemanfaatan bangunan komersial, fasilitas riset, conference center, sampai ke hotel.

Bagi pemerintah daerah, technopark menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan daerah. Bagi para pekerja yang berpendapatan cukup tinggi, technopark memiliki daya tarik karena situasi, lokasi dan lifestyle.

Tujuan dari Technopark adalah untuk membuat link yang permanen antara perguruan tinggi (akademisi), pelaku industri/bisnis/finansial, dan pemerintah. Technopark mencoba menggabungkan ide, inovasi, dan know-howdari dunia akademik dan kemampuan finansial (dan marketing) dari dunia bisnis. Diharapkan dari penggabungan ini dapat meningkatkan dan mempercepat pengembangan produk serta mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan inovasi ke produk yang dapat dipasarkan, dengan harapan untuk memperoleh economic return yang tinggi.  (Editor: MariaL. Martens)

astaga wanita inovasi technopark pendidikan