Berapa Idealnya Nilai Tabungan Perbulan?

Momies pasti punya tabungan kan? Apalagi mommies jaman now! Kalau ga punya tabungan, ga kekinian banget ya. Arti tabungan disini, tabungan di bank ya moms, bukan di celengan atau di bawah bantal.

Tahu dong moms, punya tabungan banyak manfaatnya. Selain sebagai dana darurat, urusan transfer gaji, sampai transfer duit ke orang lain akan lebih mudah dengan adanya tabungan.

Tapi berapa sih jumlah ideal yang harus ditabung setiap bulannya moms? Ternyata, tak ada satu angka ideal yang bisa dijadikan patokan. Ini karena prioritas dan motivasi setiap orang biasanya berbeda-beda ketika menabung.

Setiap orang mempunyai jumlah tabungan dan investasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan mereka. Tapi sebagian besar penabung sepakat mengatakan minimum tabungan & investasi adalah 10% dari jumlah penghasilan.

Sedangkan menurut para pakar keuangan, bagian penghasilan yang harus disisihkan untuk ditabung setiap bulan adalah 30% . Angka  10% adalah jumlah minimal dari penghasilan untuk ditabung. Kata pakar keuangan, kalau Anda bisa menabung 30% per bulan, peluang Anda pensiun dengan tenang semakin mendekati kenyataan.

So moms, kalau bisa paksakan diri  untuk menabung minimal 10% dari penghasilan ya. Kalau tidak terima gaji bulanan, misalnya terima honor atau komisi, sisihkan 10% dari penghasilan itu  untuk ditabung.

Kalau masih merasa sulit, kurangi pengeluaran yang dapat dikurangi, misalnya kalau Anda merokok, kurangi jumlah batang rokok yang Anda hisap, lebih baik lagi berhenti merokok sama sekali. Kurangi kebiasaan makan di restoran, membeli baju atau asesoris baru. Intinya hilangkan gaya hidup boros yang hanya membuat 'kantong bolong'.

Ingat ya moms, besarnya persentase tabungan akan sangat tergantung dari besarnya cita-cita Anda dan jangka waktu untuk melakukannya.

Menurut pakar keuangan, perhitungan persentase yang harus ditabung atau saving ratio harus memerhatikan 3 aspek :

1. Jumlah dana tabungan yang sudah dimiliki saat ini.
2. Berapa besarnya cicilan yang masih ada.
3. Tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam 5-25 tahun ke depan.

Berdasarkan tiga aspek tersebut, momies  bisa membagi tabungan untuk beberapa tujuan, yakni;

* Anda harus memiliki dana darurat, minimal 3-6 kali pengeluaran keluarga per bulan dalam bentuk tabungan atau pun deposito. Bila belum ada, usahakan sekuat tenaga untuk memilikinya dengan menabung dalam persentase 30-50 persen hingga dana ini terbentuk.

* Bila memiliki cicilan rumah dan kendaraan, usahakan besarnya jangan melebihi 30 persen dari pendapatan sehingga masih bisa berusaha untuk menyisihkan sekitar 10 persen untuk tabungan.

* Bila menabung untuk biaya sekolah anak atau dana pensiun, buatlah perkiraan berapa nilai uang yang akan dibutuhkan nanti dan menabunglah secara rutin sesuai dengan estimasi.

Momies juga bisa mempertimbangkan untuk mengikuti asuransi karena premi asuransi bisa digolongkan sebagai tabungan terutama untuk produk-produk asuransi yang memiliki nilai tunai atau nilai investasi, seperti asuransi pendidikan dan pensiun.

Percayalah moms bahwa dengan menabung bisa membuat hidup menjadi lebih baik. Dengan menabung, secara tak langsung momies telah mengatur keuangan dengan bijak, menghindari pola hidup boros, melatih konsistensi dan belajar bersabar. Pastinya hal ini akan berdampak positif bagi momies dan keluarga. Selamat menabung! [Tri]

astaga wanita wanita karir keuangan tabungan investasi