5 Kesalahan Umum Saat Beli Rumah

Memiliki sebuah rumah sudah jadi impian umum semua orang. Baik itu berbentuk rumah atau unit apartemen, beli tunai ataupun pinjaman KPR.

Ilustrasi: Freeimages.com

Beli bukan hanya sekedar beli, ada beberapa hal yang kadang ladies lupakan. Berikut lima kesalahan umum yang sering terjadi saat Tapi pasca membeli, biasanya ada beberapa hal yang terlupa dan berikut adalah kesalahan umum saat membeli rumah.

1. Mengambil pinjaman terlalu banyak

Sejatinya cicilan bulanan tidak boleh lebih dari 30% penghasilan. Jangan mudah terbujuk rayu untuk membeli properti yang nantinya justru membebani ladies. Pastikan ladies memilih jenis pinjaman yang sesuai dengan kemampuan, dan jangan sungkan untuk bertanya rinci kepada bank.

2. Lupa hitung biaya tambahan

Saat membeli rumah, ladies juga harus menghitung biaya tambahan yang diperlukan. Mulai dari biaya notaris, pajak, dan biaya agen. Jika mengambil pinjaman atau KPR, ladies juga perlu membayar premi asuransi dan biaya pemrosesan pinjaman, di luar dari bunga pinjaman. Tidak lupa ada pajak tahunan dan biaya perawatan bangunan. 

Untuk extra hati-hati, ladies juga bisa mempertimbangkan perlindungan berupa asuransi kebakaran dan bencana alam.

3. Tidak teliti memeriksa properti 

Tidak ada salahnya bila ladies melakukan kunjungan langsung ke lokasi properti yang ingin dibeli. Dengan begitu, ladies bisa secara teliti dan hati-hati. Lakukan kunjungan secara random untuk mengetahui kondisi lingkungan di waktu yang berbeda. Setidaknya ladies jadi tahu bagaimana akses untuk menempuh rumah baik di hari kerja dan akhir pekan. 

4. Lupa Kompromi 

Dalam membeli properti, tidak semua kriteria pas di hati. Bersiaplah untuk berkompromi akan hal-hal kecil, tapi jangan hal-hal yang penting ya ladies

5. Tidak Memikirkan Masa Depan

Rencanakan dengan matang sebelum membeli rumah, tidak hanya masa sekarang, tapi 5 hingga 10 tahun ke depan. Baik itu lingkungan sekitar, atau rencana pembangunan yang mungkin dilakukan dan berefek pada kediaman ladies

Membeli rumah adalah salah satu keputusan besar yang akan Anda buat dalam hidup. Pastikan Anda ladies mempertimbangkan semua aspek kemungkinan dan membuat keputusan yang tepat.

investasi rumah cicilan rumah kpr