10 Pertimbangan Wanita Dalam Memilih Bank

Di era serba modern saat ini, wanita memang dituntut untuk selalu cerdas dalam bertindak dan memutuskan sesuatu, terlebih dalam hal keuangan.

Di era serba modern saat ini, wanita memang dituntut untuk selalu cerdas dalam bertindak dan memutuskan sesuatu, terlebih dalam hal keuangan. Termasuk dalam memilih bank untuk melakukan aktivitas perbankan, seperti menyimpan uang, transaksi, maupun investasi.

Masalahnya, dengan banyaknya perbankan dengan fasilitas yang memanjakan nasabahnya mungkin justru membuat Anda bingung memilih. Berbagai kemudahan transaksi, mulai dari layanan internet banking hingga aplikasi mobile akan dengan mudah Anda dapatkan jika Anda menjadi nasabah suatu Bank.

Nah, dalam menentukan bank yang tepat, Anda harus berpikir lebih cerdas dan selektif. Setidaknya ada 10 hal yang harus wanita pertimbangkan dalam memilih bank:

1. Terpercaya

Terpercaya itu syarat yang tak bisa ditawar. Bank harus well-known, sehat, tidak bermasalah, serta memiliki banyak kantor cabang dan ATM. Banyaknya cabang dan ATM menjadi salah satu tanda bahwa bank dekat dengan nasabah, dan mudah diakses dimanapun Anda berada.

2. Biaya administrasi

Anda juga harus mempertimbangkan mengenai biaya administrasi, bunga dan biaya tak terduga lainnya dari layanan bank yang Anda gunakan. Pastikan penawaran ini tak membelit Anda, tapi justru menguntungkan.

3. Tawaran diskon dan merchant

Smart-shopping itu sudah wajib, smart-banking apalagi. Smart-banking menjadi smart-shopping ketika Anda bisa memanfaatkan berbagai tawaran diskon yang disediakan bank. Lebih menyenangkan lagi ketika merchant-merchant bank banyak dan umum ditemui. Contoh, diskon makan di restoran favorit, bukan hanya di resto hotel bintang lima. Potongan harga di supermarket tempat belanja bulanan, dan sebagainya. Artinya, diskon yang disediakan dekat dengan kebutuhan sehari-hari.

4. Layanan e-banking

Layanan e-banking mencakup internet banking dan mobile banking. Mudah serta aman bertransaksi lewat internet banking dan mobile banking kapan saja, di mana saja. Apabila ada kendala, mudah dilaporkan dan cepat ditanggapi.

5. Fasilitas setor tunai

Mungkin bagi sebagian orang, fasilitas ini tidak begitu penting. Tetapi bagi sebagian nasabah, hal ini cukup penting. Lumayan menghemat waktu, jika harus tarik dan setor antar bank secara rutin. Selain itu fasilitas setor tunai dapat menjadi solusi menghindari biaya admin bank, serta mengantri di kantor cabang.

6. Fasilitas kartu kredit

Hampir semua bank mengeluarkan kartu kredit. Tapi kartu kredit yang paling menarik itu adalah yang gratis iuran tahunan seumur hidup, banyak promo, dan upgrade limit tanpa diminta. Poin rewardnya berlaku seumur hidup (tanpa expired) dan terakumulasi ke tahun berikutnya.

7. Sesuaikan dengan kebutuhan utama

Kebutuhan seorang pengusaha tentu berbeda dengan seorang pegawai, begitu pula kebutuhan seorang ibu rumah tangga akan berbeda dengan seorang pensiunan. Pilihlah bank yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai contoh, seorang pengusaha dengan bisnis ekspor/impor tentu membutuhkan bank yang dapat mendukung bisnisnya melalui penyediaan kredit baik dalam mata uang Rupiah atau valuta asing, Letter of Credit (L/C), Bank Garansi (BG), internet banking, dan layanan jual beli valas.

8. Fitur layanan lengkap dan handal

Walaupun tidak seluruh nasabah membutuhkan fitur yang lengkap, namun berbagai fitur yang ditawarkan sebuah bank dapat dijadikan faktor penentu dalam menentukan pilihan bank terutama jika nasabah tidak memiliki preferensi tertentu. Fitur yang dimaksud adalah berbagai produk dan jasa perbankan seperti berbagai produk tabungan, giro, deposito atau yang dipersamakan, berbagai fasilitas kredit, dan bermacam layanan electronic banking seperti phone banking atau internet banking.

Walaupun tidak seluruh jasa dan produk yang ditawarkan sebuah bank akan kita gunakan, memilih dan memiliki bank dengan fitur yang lengkap dan layanan yang handal akan memberikan banyak manfaat. Maka, pilihlah bank yang menawarkan produk dan layanan yang lengkap.

9. Bunga kompetitif

Tingkat suku bunga yang ditawarkan bank baik pada sisi dana (tabungan, giro, dan deposito) maupun kredit serta biaya-biaya yang dikutip bank dari nasabah seperti biaya administrasi, biaya transfer, dan biaya provisi kredit juga harus dijadikan salah satu pertimbangan utama dalam memilih bank.

Pada prinsipnya nasabah dana mengharapkan suku bunga yang tinggi, nasabah kredit (debitur) menginginkan suku bunga kredit yang rendah. Sedangkan nasabah secara umum mengharapkan biaya yang serendah-rendahnya. Maka, rumus pemilihan bank berdasarkan konsep ini adalah memilih bank yang menawarkan tingkat suku bunga yang paling menguntungkan dan biaya yang paling efisien.

10. Lokasi strategis

Lokasi strategis yang dimaksud disini bukanlah lokasi bank yang berada di pusat kota atau pusat perbelanjaan namun lebih mengacu pada lokasi yang strategis bagi nasabah. Lokasi bank yang strategis adalah lokasi yang mudah dijangkau baik dari rumah tempat tinggal ataupun tempat kerja.

Pilihlah bank dengan lokasi cabang yang dekat dengan rumah, tempat kerja, atau jalur transportasi Anda. Memilih bank dengan lokasi yang strategis berarti  Anda akan mempersingkat waktu tempuh dan menghemat waktu yang sangat berharga.

Selain kriteria yang telah dibahas di atas tentu ada banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan nasabah dalam memilih bank. Namun setidaknya 10 hal tadi dapat menjadi point penting dalam memilih bank. Selamat memilih bank Anda, ladies..! [Tri]

astaga wanita wanita karir bank memilih bank keuangan menabung investasi