Sebelum Meninggal, Istri: Henky Solaiman Menderita Sekali

Aktor senior Henky Solaiman meninggal dunia di usai 78 tahun. Sang istri, Edmay Indriani menjelaskan kondisi Henky Solaiman sebelum akhirnya tutup usia.

Henky Solaiman (Instagram)

LIMA hari sebelum meninggal dunia, Henky mengeluhkan kondisi tubuhnya. Bahkan Edmay menyebut jika sang suami sangat menderita dengan sakit yang dialami.

"Om Henky sejak 17 Maret sudah di operasi masuk ICU 1 bulan dan pulang ke rumah 10 Mei. Baru 5 hari di rumah dia menderita sekali," kata Edmay saat ditemui di Rumah Duka RS Husada, Mangga Besar, Jakarta Pusat, Sabtu (16/5/2020).

Ketika berada di rumah, Henky Kurniawan kerap mengeluhkan rasa letih yang dialami. Kondisi yang melemah akibat komplikasi membuat Henky sulit bergerak. Memang sudah lemah sekali di rumah 5 hari. Selama di rumah dia selalu bilang capek, setiap hari bilang capek," tuturnya.

Kenang Mieke Amalia: Dia Tak Pernah Mengeluh

Kenang Mieke Amalia: Dia Tak Pernah Mengeluh Instagram Mieke Amalia/Opahengky

Aktris Mieke Amalia mengenang sosok Henky Solaiman dengan mengingat kembali momen kebersamaan mereka saat syuting sinetron Dunia Terbalik beberapa tahun terakhir.

"Hampir setiap hari kita duduk berhadapan karena kursi kita (di basecamp) persis berseberangan. Juga camilan dari Om Henky yang selalu melengkapi hari-hari kita di lokasi syuting," katanya lewat Instagram, pada 15 Mei 2020.  

Mieke juga mengungkapkan kekagumannya terhadap Henky Solaiman yang dikenalnya sebagai sosok yang sangat mandiri. Di usia kepala 7, dia bahkan masih berkendara sendiri ke lokasi syuting.

"Syuting dari pagi sampai malam penuh dedikasi dan (dia) enggak pernah mengeluh. Kita yang melihat terkadang suka heran dan gemas sendiri. Tapi itulah Om Henky Solaiman," ujarnya.

"Kau akan dirindukan Om Henky. Beristirahatlah dalam cinta.”

Sebelum meninggal dunia, Henky sempat berjuang melawan penyakit kanker usus. Demi fokus pada tahap pengobatan, Henky memutuskan mundur dari proses produksi sinetron Dunia Terbalik pada Januari lalu. Henky meninggal pada 15 Mei 2020 pukul 16.40 WIB di Rumah Duka RS Husada, Jakarta Pusat untuk dikremasi nantinya.

Pelarungan Abu Henky Solaiman Digelar Juli 2020

Aktor Verdi Solaiman mengatakan jenazah ayahnya, Henky Solaiman, akan dikremasi. Menurut Verdi, keputusan mengkremasi itu adalah keinginan dari Henky Solaiman sejak lama. Ditambahkan Sang istri, Edmay Indriani mengatakan, kremasi merupakan pilihan sang aktor sejak lama.

“Tapi sekitar 3 minggu di rumah sakit, dia kembali menegaskan keinginannya untuk dikremasi setelah meninggal dunia kepada keluarga,” kata Edmay.

Namun pelarungan abu Henky Solaiman, menurut Edmay, masih akan menunggu kedatangan putra bungsu mereka dari Swedia, pada 23 Juli mendatang. “Jadi abunya kami simpan dulu. Nanti setelah anak bungsu kami datang baru dilarung bareng-bareng,” ujarnya.

Hingga kini, Edmay Indriani belum mengetahui persis di mana abu suaminya akan dilarung. “Bisa saja di Cilincing atau Ancol. Kami masih belum tahu,” tuturnya menambahkan.

Proses kremasi jenazah Henky Solaiman digelar di Krematorium Oasis Lestari, Banten, pada 17 Mei 2020. Edmay mengungkapkan, mendiang kerap mengeluhkan kondisi tubuhnya sekitar 5 hari sebelum berpulang. “Setelah 3 kali operasi, dia masuk ICU 1 bulan. Pulang ke rumah pada 10 Mei 2020 dan terlihat menderita sekali. Dia selalu bilang capek sampai kami kasihan,” katanya.

#duniaterbalik #RIPHenkySolaiman #Astaga.com