Pernah Mati Suri, Ini Dia 3 Artis Pernah Mengalaminya

Mati suri merupakan kuasa Ilahi dan masih misteri bagi manusia.

BELUM ada yang bisa mendefinisikan istilah ini baik dari medis, psikologi, maupun spritual. Mati suri juga pernah dialami sejumlah artis Tanah Air. Berikut 3 artis yang pernah mengalami mati suri tersebut.

1. Paramitha Rusady

Penyanyi sekaligus aktris era 90-an Paramitha Rusady mengalami mati suri beberapa saat setelah melahirkan Adrian Tegar, anak dari pernikahannya dengan Nenad Bago. Peristiwa mati suri yang dialami Paramitha Rusady terjadi pada 2007.

"Waktu itu pilihannya antara hidup dan mati," kata Mitha baru-baru ini.

Mati suri yang dialami Mitha cukup lama, yakni dua hari. Setelah sadar, dia mengaku tak mengingat apapun yang terjadi di alam bawah sadar. Bahkan, mimpi pun tidak.

"Saya tahunya memang belakangan. Waktu itu geger juga waktu melahirkan. Ada traumatik juga," ucap Mitha, sapaan Paramitha Rusady.

Kendati tak merasakan hal-hal aneh selama mati suri, ada perubahan cukup signifikan di dalam dirinya setelah kejadian tersebut. Mitha kini menjadi lebih religius.

"Setelah itu mungkin banyak perubahan spritual di diri saya. Semua orang memang mengalami hijrah, cuma jalannya beda-beda," ujarnya.

Musisi Deddy Dhukun (Kiri). [Instagram]

2. Deddy Dhukun

Penyanyi kawakan Deddy Dhukun pernah mengalami mati suri saat masih duduk di bangku SMP. Semula, kata dia, sang ibu mengira dirinya sedang tidur.

"Tapi dibangunin nggak bangun-bangun sama ibu saya. Ibu saya sampai nangis karena nggak bangun-bangun," kata Deddy.

Ayah Deddy yang kebetulan seorang dokter langsung memeriksa. Hasilnya, Deddy dinyatakan telah meninggal dunia. Tak langsung percaya, seorang dokter lain diundang datang ke rumah dan hasilnya pun sama.

"Setelah itu panggil dokter lagi. Jadi ada tiga dokter yang periksa saya. Mereka semua bilang saya sudah meninggal waktu itu," ujar Deddy.

Selama mati suri, Deddy mengaku bermimpi aneh. Di alam bawah sadar, dia diperlihatkan dua ruas jalanan lurus dan panjang. Jalan pertama di sebelah kiri terlihat hal-hal menyeramkan, sementara yang kedua di sebelahkan kanan ada hal-hal menyenangkan.

"Nah sampai di satu titik ternyata ada jurang. Sampai di sana saya nggak mau karena takut masuk jurang dan mau pulang," ucapnya.

Karena takut, Deddy akhirnya sadarkan diri. Padahal pemakamannya sudah disiapkan keluarga saat itu. Belakangan baru diketahui Deddy, dia bisa hidup kembali setelah tubuhnya dibasuh dengan air panas dan air dingin oleh sang Tante.

Pengalaman mati suri itu cukup berdampak kepada kehidupan Deddy. Kata dia, ada sosok gaib yang selalu mengikutinya sampai sekarang. Saat sedang punya masalah, 'teman' barunya itu, kerap memberikan solusi.

"Alhamdulilah selama diikuti dia bawaanya positif, bisikikan benar-benar positif dan selalu menjaga saya," katanya.

3. Bopak Castello

Siapa sangka pelawak Bopak Castello ternyata pernah mengalami mati suri di masa mudanya. Pengalaman tersebut dialami Bopak sekitar tahun 1992 silam.

Lelaki bernama asli Indrayana Bidwy itu tak menyangka hal sepele bisa membawanya ke sebuah perjalanan spiritual.

"Awalnya gara-gara saya kencing di pantai Parangtritis," ujar Bopak.

Ulah Bopak buang air kecil sembarangan memancing emosi seorang warga di sana. Kepada Bopak, si warga itu memberitahu bahwa pantai tersebut dijaga oleh makhluk gaib.

Mati Suri Paramitha Rusady Deddy Dhukun Bopak Castello