Ganti Gender dan Pindah Agama, Dena Rachman: Hidupku Luar Biasa

Pada 2014, mantan penyanyi cilik Dena Rachman mengejutkan publik dengan keputusannya berganti gender. Sekitar 6 tahun kemudian, dia mengungkapkan kabar lain yang tak kalah mengejutkan.

DENA RACHMAN memutuskan berpindah keyakinan setelah bertahun-tahun mengklaim tak percaya dengan keberadaan Tuhan. Kini, dia merasa bersyukur lantaran perjalanan hidup yang tak mulus itu membawanya kepada Tuhan.

“Perjalanan hidupku luar biasa,” tutur Dena merangkum perjalanan hidupnya seperti dikutip dari channel YouTube Daniel Mananta Network, pada Kamis (19/11/2020).

Dia mengaku, mengalami perubahan mendasar setelah mengenal Tuhan lebih dekat. Dia belajar untuk berserah ketika hidupnya tak berjalan sesuai keinginannya. Hal itu karena dia percaya, ada Tuhan yang menyediakan segala sesuatu untuknya.

Sejak memutuskan untuk kembali beriman kepada Tuhan, Dena Rachman mengaku, mengalami hal-hal tak terduga. Salah satunya saat dia menjalani program Summer School di Universitas Leiden, Belanda, pada 2018.  

Dena Rachman menambahkan, “Di sana, aku belajar tentang orientasi seksual dan identitas gender di jurusan Hukum Internasional. Tadinya, sempat pengin menyerah dan enggak mau berangkat. Tapi, Tuhan ternyata punya rencana lain.”

Ia bahkan mengaku, tak mengeluarkan dana sepeserpun untuk program tersebut lantaran ada yayasan yang membiayainya. “Selain belajar, aku bisa jalan-jalan di Belanda. Itu sambil senyum-senyum dan merasa amaze bagaimana Tuhan bekerja.”

Dari pengalamannya belajar di Belanda, Dena Rachman mengaku semakin semangat menjalankan misinya membangun organisasi yang memperjuangkan kesetaraan gender.

Tak hanya itu, dia juga meluncurkan kanal YouTube bertajuk Bebas Bicara Talk (BEBI Talk) yang membahas berbagai isu seputar sosial, kesehatan seksual, dan kesetaraan gender bersama beberapa narasumber.

Ibu Menangis saat Dena Ganti Gender

Merasa tak menjadi dirinya sendiri, Dena Rachman memutuskan mengubah gendernya menjadi perempuan. Mantan artis cilik itu menjalani operasi kelamin pada 2014.

Baru-baru ini Dena mengungkapkan seperti apa reaksi kedua orangtuanya saat ia memutuskan untuk menjadi seorang perempuan. Dena yang kala itu baru bekerja setelah lulus kuliah, mengajak orangtuanya untuk berbicara dari hati ke hati.

“Waktu itu lulus kuliah, sudah kerja jadi datang ke orangtua itu enggak tangan kosong. Aku ketuk pintu kamar mereka, ajak ngomong. Aku bilang enggak bisa hidup kayak gini dan lebih memilih hidup sebagai wanita. Kalau tidak setuju, it’s ok aku bisa pergi karena percuma kalau kayak gini aku merasa diriku sudah mati,” kata Dena, dikutip dari akun channel Youtube Daniel Mananta, ‘Daniel Network’, Rabu (18/11/2020).

“Ya mereka syok, nyokap nangis. Tapi di situlah untuk pertama kalinya kita punya dialog komunikasi yang terbuka, tidak pernah sebelumnya punya hubungan yang seterbuka ini,” tambahnya.

Setelah menceritakan panjang lebar tentang keputusan bulat dirinya untuk berganti jenis kelamin, Dena menyebut ayah dan ibunya juga langsung membagikan perasaan mereka sebagai orangtua. Mereka merasa mengkhawatirkan masa depan Dena sebagai seorang transeksual.

Dena begitu akrab dengan penyanyi sekaligus aktris Bunga Citra Lestari.