Feby Febiola Divonis Kanker Ovarium, Ini Pesan untuk Kaum Perempuan

Aktris Feby Febiola kini tengah menjalani pengobatan kemoterapi. Istri Franky Sihombing ini divonis menderita kanker ovarium stadium satu.

"Sakitnya itu kanker ovarium stadium satu, tapi asal dari kanker itu adalah tumor dan itu sudah dihilangkan," kata Feby seperti dikutip dari Insta Story miliknya, Kamis (23/7/2020).

Menurut Feby, tumor yang membawa sel kanker itu berasal dari endometriosis yang dibiarkan. Endomestriosis adalah kondisi ketika jaringan yang membentuk lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim.

"Tumor yang menghasilkan sel kanker itu tadinya dari endometriosis yang terlalu lama dibiarkan karena aku lama enggak cek ke dokter kandungan," ucapnya.

Berdasarkan pengalamannya, Feby pun memberi pesan kepada kaum perempuan. Dia mengingatkan pentingnya pemeriksaan kandungan secara rutin agar terhindar dari kanker ovarium.

"Buat kalian perempuan-perempuan, rajin check-up saja tujuh bulan sekali," ujar Feby.

Feby Febiola sebelumnya mengumumkan terkena kista di rahimnya pada akhir Mei 2020. Karena kondisinya itu, dia harus menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Bali.

Kendati sudah melakukan operasi, Feby memilih kemoterapi sebagai upaya agar sel kankernya tak menyebar. Dalam kasus kanker ovarium stadium satu, Feby harus menjalani enam kali kemoterapi.