Mengatasi Tekanan Kerja

Tekanan pekerjaan memang tak dapat dihindari oleh para pekerja. Tak jarang tekanan tersebut membuat jenuh dan kelelahan yang cukup berat. Akibatnya semangat kerja memburuk, produktivitas menurun.

Tekanan pekerjaan memang tak dapat dihindari oleh para pekerja. Tak jarang tekanan tersebut membuat jenuh dan kelelahan yang cukup berat. Akibatnya semangat kerja memburuk, produktivitas menurun.

Tentu saja dibutuhkan kreatifitas untuk mengatasinya agar hal tersebut dapat berkurang, dan anda tetap bisa produktif dan menyelesaikan tugas. Cobalah beberapa tips di bawah ini:

Peioritas dan jadwal

Biasakan membuat catatan pada agenda anda. Ini akan membantu anda menyusun prioritas kerja. Mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu, kapan, dan bagaimana hal itu dapat diselesaikan.

Relaksasi

Jika ada waktu luang,  manfaatkan untuk relaksasi. Beristirahatlah sejenak. Bergabunglah dengan rekan kerja, berbagi lelucon ataupun sekedar minum kopi bersama.

Jalin hubungan yang erat dengan rekan kerja

Kembangkan hubungan yang saling  mendukung dengan rekan sekerja. Berbagi cerita seputar pekerjaan termasuk kesulitan anda, mungkin akan sedikit membantu anda mengatasi tekanan.

Hindari gosip

Bergosip rasanya memang menyenangkan, akan tetapi bergosip untuk urusan kantor dan pekerjaan rasanya tidak etis. Kali ini anda membicarakan orang lain, bagaimana jika besok anda yang dijadikan bahan pembicaraan?  Jadi, identifikasi, siapa saja 'politikus' dan biang gosip di kantor, dan hindari mereka.

Batasi jam lembur

Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, sehingga anda tidak perlu lembur. Kalaupun terpaksa lembur, batasi waktunya. Terlalu banyak menghabiskan waktu anda untuk lembur hanya akan mendorong diri anda pada kelelahan yang menjengkelkan.

Kembangkan kemampuan

Ambil keuntungan dari pelatihan dan peluang bidang pendidikan yang ditawarkan oleh perusahaan. Semakin luas wacana pengetahuan anda tentang sebuah pekerjaan, anda akan lebih mudah mencapai tujuan dari pekerjaan itu. Dan perusahaanpun akan senang dengan hasil akhirnya.

Manfaatkan waktu untuk hal-hal yang positif. Jangan lupa untuk melakukan 'me time' saat libur. Nikmati libur dengan maksimal yang dapat me 'recharge' energi anda. Sehingga anda terhindar dari stress akibat tekanan pekerjaan. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita karir work tekanan