Waspadai 10 Dampak Sakit Kepala yang Berbahaya!

Siapa yang pernah merasakan sakit kepala? Rasanya nyaris semua orang pernah merasakan sakit kepala. Dari yang ringan, sedang sampai berat.

Sakit kepala merupakan rasa sakit yang menyerang kepala di berbagai bagian kepala, bergantung dengan jenis sakit kepala itu sendiri. Rasa sakit yang dialami pun dapat berbeda-beda, mulai dari rasa menusuk yang tidak tertahan, rasa berputar, ataupun rasa nyeri yang luar biasa.

Sayangnya banyak yang tidak mempedulikan sakit kepala yang dialaminya. Mereka biasanya cukup menenggak obat sakit kepala yang banyak beredar di pasaran. Padahal jika dibiarkan sakit kepala bisa menimbulkan dampak yang lebih serius. Lalu apa saja sih dampak sakit kepala yang perlu kita ketahui?

Berikut ini 10 dampak sakit kepala yang perlu kita waspadai. Simak ladies and moms!

1. Mual dan Muntah

Efek pertama dari sakit kepala yang selalu dirasakan oleh penderitanya adalah rasa mual dan muntah yang berkelanjutan. Penderita sakit kepala seringkali merasakan mual akibat keseimbangan tubuh yang terganggu. Kondisi mual pun kemudian sangat sering diikuti oleh muntah. Jika isi perut telah dimuntahkan semua, maka penderita bisa kehilangan energi dan tak sadarkan diri.

2. Rasa menusuk di kepala

Sakit kepala juga dapat mendatangkan efek lain yang lebih dahsyat. Yaitu rasa menusuk di kepala. Rasa menusuk ini hanya muncul pada jenis-jenis sakit kepala tertentu. Misalnya pada penderita sakit kepala sebelah (migrain). Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh stress, tekanan pekerjaan, dan berbagai penyebab lainnnya.

Seseorang dengan beban sakit kepala sebelah (migrain) yang terlalu berat, bahkan dapat menyebabkan rasa menusuk yang hebat hingga penderita sangat kesakitan. Oleh karena itu, pencegahan terhadap penyakit sakit kepala sebelah (migrain) harus segera dilakukan.

3. Pingsan

Efek lain dari sakit kepala yang mungkin menimpa penderitanya adalah pingsan. Kebanyakan penderita sakit kepala yang akut pernah merasakan pingsan. Hal ini disebabkan karena aliran darah dan oksigen ke kepala terhambat. Hal ini tentu sangat membahayakan penderitanya. Karena kejadian pingsan pada orang yang menderita sakit kepala dapat menyerang di mana saja dan kapan saja.

Pingsan mendadak pun diketahui memiliki intensitas yang cukup tinggi bagi penderita sakit kepala dengan riwayat pekerjaan yang cukup berat. Untuk mereka yang punya pengalaman pingsan karena sakit kepala, harus lebih waspada. Jangan pernah bepergian seorang diri, tidak boleh terlalu lelah dan harus cukup asupan gizi.

4. Gangguan penglihatan

Sakit kepala yang selalu dirasakan oleh penderitanya juga dapat mendatangkan efek berupa gangguan penglihatan yang berkelanjutan. Penderita sakit kepala seringkali merasakan penglihatan yang kabur. Tentu saja ini sangat membahayakan.  Terganggunya kemampuan penglihatan ini  menyebabkan seseorang rawan kecelakaan dan mengancam keselamatan penderitanya.

5. Kesulitan bergerak

Efek sakit kepala berupa gangguan gerak yang diikuti rasa pusing merupakan salah satu efek yang paling berbahaya. Hal ini perlu mendapat perhatian khusus untuk mencegah penyakit-penyakit berbahaya seperti lumpuh total. Oleh sebab itu, segala upaya harus segera dilakukan untuk mencegah sakit kepala datang.

6. Bumi terasa berputar

Efek dari sakit kepala selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah perasaan bahwa bumi sedang berputar-putar. Hal ini umumnya terjadi sebagai efek dari sakit kepala  vertigo. Oleh sebab itu, para penderita vertigo akan sangat tersiksa. Jika penderitanya tengah kambuh, mereka akan kesulitan beraktivitas. Bahkan untuk sekedar dudukpun terasa sangat mengganggu. Sehingga kebanyakan penderita vertigo  akan mengurangi aktivitasnya untuk mencegah dampak yang lebih serius.

7. Kurang nafsu makan

Sakit kepala yang terus menerus juga dapat menyebabkan nafsu makan penderitanya berkurang. Kurangnya nafsu makan ini akan menyebabkan pasokan gizi ke dalam tubuh manusia menjadi terganggu. Hal ini pastinya sangat membahayakan. Tubuh tidak dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkannya. Sehingga, tubuh akan semakin lemas dan melemah staminanya. Akibatnya sistem kekebalan tubuh juga menurun.

Oleh sebab itu, Anda tetap harus memaksakan diri untuk makan walaupun sedang merasakan sakit kepala yang hebat. Hal ini penting agar sakit kepala tak semakin parah.

8. Sulit tidur

Biasanya penderita sakit kepala akan mengalami kesulitan tidur. Akibatnya sakit kepala akan semakin parah. Padahal dengan tidur yang nyenyak, sakit kepala dapat dikurangi atau dihindari.

9. Demam tinggi

Jika Anda merasakan sakit pada kepala yang disertai dengan demam tinggi, kemungkinan Anda mengalami infeksi dalam tubuh. Infeksi dalam tubuh ini sangat membahayakan dan harus ditangani secara medis. Karena itu, Anda harus segera memeriksakan diri ketika sakit kepala diikuti demam. Sehingga efek samping yang lebih berbahaya pun dapat dicegah.

10. Tidak bisa beraktivitas

Berbagai dampak sakit kepala membuat penderitanya sulit beraktivitas. Bagaimana tidak? Sakit kepala yang mengganggu tentu membuat penderitanya tidak bisa konsentrasi dan fokus pada pekerjaan. Seandainya dipaksakan bekerja pun hasilnya akan berantakan. Maka jika sakit kepala, sangat disarankan untuk beristirahat.

Nah moms, begitu banyaknya dampak yang ditimbulkan dari sakit kepala, maka jangan sepelekan sakit kepala ya? Karena mengkonsumsi obat sakit kepala yang terus menerus juga berdampak buruk bagi tubuh Anda. Jika sakit kepala sudah sering Anda alami, jangan tunda lagi untuk memeriksakan diri ke dokter.

Untuk mencegah sakit kepala sangat disarankan untuk menjaga pola hidup sehat. Makan dengan gizi seimbang, tidak kekurangan cairan, rutin berolahraga, cukup beristirahat, menghindari rokok san alkohol serikat hindari stress. Dan yang lebih penting moms,  cobalah berpikir positif. Karena berpikir positif ternyata memberikan stimulus pada otak Anda untuk merasa lebih sehat. Dampaknya Anda bukan saja terhindar dari sakit kepala tapi juga sehat secara keseluruhan. [Tri]

astaga 10 dampak sakit kepala kesehatan