Tips Nyaman Memakai Sepatu High Heels

Setiap wanita pasti ingin selalu tampil memikat dimanapun berada. Untuk menyempurnakan penampilannya, banyak wanita yang gemar memakai sepatu high heel, agar terkesan lebih semampai.

Tapi, masalahnya sepatu berhak tinggi kerap menimbulkan ketidaknyamanan pada sebagian wanita. Seperti betis kaku, tumit nyeri, bahkan menimbulkan varises.

Yang dimaksud sepatu high heels yaitu sepatu yang memiliki hak mulai dari 5 – 12 cm atau lebih. Ada beragam jenis sepatu high heels yang ada di pasaran, sepertistilettopumpwedges, dan lain-lain.

Nah bagaimana agar tetap nyaman memakai high heel? Ini dia tipsnya  ladies:

1. Pilih ukuran sepatu yang sesuai

Mengukur kaki, sebaiknya tidak hanya panjangnya saja. Lebar kaki juga sebaiknya diperhatikan. Pengukuran sebaiknya dilakukan  dengan posisi berdiri. Ukuran yang tidak pas, hanya akan menambah beban dan nyeri pada kaki.

2. Pilih sepatu dengan heel atau hak yang tebal

Sepatu jenis ini akan mencegah tumpuan tertuju pada ujung atau bantalan depan telapak kaki saja. Kaki juga akan lebih stabil dan peregangan jaringan dan otot kaki tidak terlalu besar jika dibandingkan stileto yang memiliki hak berbentuk kecil dan runcing. Sepatu jenis ini juga dapat meminimalisir gangguan tendon achilles pada kaki.

3. Pilih ujung sepatu yang lebar

Sedapat mungkin hindari sepatu high heels dengan ujung runcing. Pilih sepatu yang yang memiliki ruang di ujung jari kaki. Sebaiknya jangan gunakan sepatu yang menimbulkan rasa nyeri di bagian ujung ataupun pinggiran jari kaki.

4. Pilih bahan sepatu yang lembut

Dibandingkan menggunakan sepatu high heels yang terbuat dari bahan kulit yang kaku, untuk meningkatkan rasa nyaman, sebaiknya pilih bahan yang lebih lembut. Sehingga telapak kaki tidak terasa sakit.

5. Gunakan bantalan alas kaki

Kini tersedia berbagai jenis bantalan alas kaki yang dapat digunakan. Untuk sepatu high heels, Anda dapat memanfaatkan bantalan alas kaki silikon yang empuk dan lembut. Cara menggunakannya dengan cara diselipkan pada telapak kaki bagian depan untuk menyerap guncangan.

6. Lakukan peregangan sebelum menggunakan high heels

Hal ini bertujuan agar aliran darah berjalan lancar. Ambil posisi dengan meletakkan kedua tangan di lantai lalu tarik kaki ke belakang dengan jarak sekitar satu meter sehingga posisi tubuh membentuk seperti segitiga.

7. Pilih sepatu high heels dengan ujung terbuka

Sepatu dengan ujung terbuka dapat membantu mengurangi tekanan pada ujung-ujung telapak kaki. Hal ini akan sangat membantu untuk Anda yang kerap mengalami gangguan pada kaki seperti penonjolan di pangkal ibu jari atau kelingking jari kaki.

8. Perhatikan derajat kemiringan sepatu high heels 

Sepatu yang memiliki hak sekitar 10 cm kemungkinan akan menukik tajam ke bawah, namun ada pula yang memiliki kemiringan yang bertahap. Sebaiknya pilih jenis yang kedua, untuk meminimalisir rasa nyeri pada bantalan telapak kaki yang terletak di bagian bawah ibu jari kaki.

9. Minimalisir penggunaan sepatu high heels

Menggunakan sepatu dengan hak yang lebih rendah, membuat posisi kaki semakin mendekati alami. Ahli menyarankan, penggunaan hak sepatu tidak melebihi 5 cm dengan waktu pemakaian yang tidak berlebihan.

10. Rendam kaki dengan air hangat usai memakai high heel

Usai mengenakan sepatu hak tinggi, rendam kaki Anda di air hangat yang telah dicampur garam selama 20 menit. Dijamin kaki Anda akan terasa lebih rileks dan nyaman.

Ingat ya ladies, meski sepatu high heels  cocok digunakan untuk menyempurnakan penampilan, namun sebaiknya hindari menggunakannya terlalu lama karena memiliki risiko kesehatan. Untuk acara-acara yang tidak formil lebih baik gunakan  sepatu flat atau berhak rendah. [Tri]
     

astaga high heels sepatu wanita fashion tips