Ternyata Air Mata Bermanfaat untuk Kesehatan

Semua manusia normal pasti pernah menangis, sekeras apapun wataknya. Karena seperti halnya tertawa, menangis adalah bentuk emosi seseorang dalam meluapkan perasaannya.

Siklus hidup manusia yang selalu berganti--ganti antara sedih dan bahagia membuat kita tak bisa menghindari diri untuk menangis. Pasti ada saat-saat dimana anda ingin menangis, bahkan sekencang-kencangnya. Karena menangis merupakan salah satu cara alami tubuh untuk mengatasi perasaan yang tidak diinginkan, seperti sedih, marah, kecewa, sakit hati, takut, cemas, dan banyak lagi.

Tapi, menangis bukanlah hal yang buruk. Bahkan menangis disinyalir cukup bermanfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr William H. Frey II, PhD, pakar ilmu saraf dan peneliti tentang air mata menunjukkan, 85 persen wanita dan 73 persen pria merasa kesedihan dan amarahnya berkurang setelah menangis.

Frey mengatakan, menangis bukan hanya respon manusia terhadap kesedihan atau frustrasi, melainkan salah satu hal yang menyehatkan. Berikut adalah beberapa fakta menyehatkan ketika menangis.

1. Membersihkan racun dari dalam tubuh

Airr mata yang kita keluarkan saat menangis dapat membersihkan racun dari dalam tubuh (detox). Sebab air mata yang keluar berdasarkan faktor emosional seperti kesedihan, memiliki kandungan zat yang lebih beracun daripada air mata yang disebabkan karena iritasi.

Hal ini berarti air mata yang berasal dari rasa emosional mampu mengeluarkan limbah dan racun dari tubuh kita. Dengan begitu, air mata dapat membersihkan racun dari dalam tubuh dan juga mampu menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

2. Membuat rileks dan menjaga mood

Banyak yang mengakui bahwa dengan menangis maka membuat perasaan menjadi lega. Ketika kita menangis, maka tubuh akan mengeluarkan zat yang bernama endorfin. Endorfin sendiri adalah zat yang  bertugas untuk menstabilkan mood dan menyeimbangan emosi. Dengan kata lain hormon endorfin adalah  hormon bahagia. Ketika kita menangis, maka tubuh mampu untuk memperbaiki diri. Sehingga tubuh dan pikiran otomatis menjadi lebih rileks setelahnya.

3. Menghilangkan stress

Ketika menangis tubuh akan mengeluarkan beberapa zat kimia dan hormon yang terbentuk akibat stress. Namun jika anda berusaha untuk menahan air mata agar tidak keluar, maka sama saja anda sedang meningkatkan perasaan  stress anda. Menahan airmata akan mengakibatkan masalah kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi dan juga masalah jantung.

4. Mencegah pilek dan flu

Ketika kita menangis, air mata yang kita keluarkan mengandung zat yang benama lisozim fluida. Zat ini mampu membunuh 95 persen bakteri hanya dalam hitungan menit. Sama halnya dengan hidung yang memiliki rambut  dan terowongan hidung untuk mencegah kuman serta bakteri masuk. Begitu juga dengan mata kita, mata memiliki air mata untuk membantu mencegah kita dari sakit.

5. Menurunkan tekanan darah

Normalnya durasi manusia saat menangis adalah enam menit. Dari hasil penelitian yang dilakukan, menangis terbukti mampu menurunkan tekanan darah, denyut nadi. Tubuh pun akan terasa lebih fresh, karena efek terapi ketika menangis.

6. Pelumasan

Air mata juga dapat menjadi pelumas bagi bola mata kita, selain itu juga dapat melembabkan dan mencegah dehidrasi pada selaput mata kita.

Nah kini jangan tahan airmata anda ya saat ingin menangis. Menangislah selagi airmata tak enggan berjatuhan, untuk melepaskan beban.

Tapi, meski menangis memiliki beberapa manfaat, namun bukan berarti anda bisa menangis sepanjang waktu. Anda juga perlu mengendalikan diri agar kesedihan anda berganti bahagia. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir cantik bugar raga kesehatan