Posisi Tidur Berpengaruh pada Kesehatan Anda

Bagaimana posisi tidur anda selama ini? Miring ke kiri, miring ke kanan, telentang atau tengkurap? Ternyata posisi tidur turut berpengaruh terhadap pola tidur dan kesehatan anda loh!

Bagaimana posisi tidur anda selama ini? Miring ke kiri, miring ke kanan, telentang atau tengkurap? Ternyata posisi tidur turut berpengaruh terhadap pola tidur dan kesehatan anda loh!

Menurut Deputy Executive Director, International Chiropractors Association (ICA), Arlington, Virginia, Ronald M. Hendrickson MSc.,MA posisi tidur yang tidak baik dan terlalu lama dilakukan akan menimbulkan masalah kesehatan dan akan berakibat fatal. 

Kesalahan posisi tidur akan menyebabkan penyakit yang berkaitan dengan pusat saraf. Karena pusat saraf mengontrol pergerakan motorik dan sistem saraf,  pusat saraf harus dijaga agar tidak mengalami gangguan. 

Posisi tidur yang baik, menurut Direktur Professional Development and Special Projects, International Chiropractors Association (ICA), Arlington, Virginia, dr Coralee Van Egmond, adalah tidur menyamping baik sisi kanan ataupun sisi kiri.

Juga bisa tidur dengan posisi terlentang asalkan posisinya tegak lurus, jangan bengkok. Usahakan jangan tengkurap karena akan mengganggu pernapasan. "Idealnya selama tidur kita bernapas sebanyak 5.000 kali. Kalau tengkurap waktu bernapas akan berkurang," katanya.

Tidur yang baik tersebut, lanjut Coralee, akan memberikan manfaat ketahanan tubuh atau kesehatan menjadi baik, tidak mudah sakit, ingatan juga membaik, memperbaiki koordinasi refleks tubuh, mood dan persepsi akan positif, kapasitas intelektual meningkat, fleksibilitas fisik meningkat ,dan menambah energi. 

Jadi, hindari posisi tidur tengkurap ya, karena akan mengganggu pernapasan anda. Bahkan dalam beberapa peristiwa, ditemukan kasus mati mendadak akibat tidur tengkurap. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita posisi tidur kesehatan pola tidur