Pentingnya Menggosok Gigi pada Malam hari

beberapa alasan mengapa menggosok gigi pada malam hari sangat penting.

Anda pernah sakit gigi? Jika pernah, tau kan rasanya. Sakit gigi sungguh luar biasa. Sakitnya bisa menyebar ke kepala, mata, telinga, bahkan ke seluruh tubuh.

Sayangnya masih banyak orang yang kurang peduli dengan kesehatan giginya dengan meninggalkan kebiasaan menggosok gigi pada malam hari. Alasannya pun cukup beragam, ada yang bilang malas, lupa, mengantuk ataupun menganggap tidak perlu.

Padahal menggosok gigi sebelum tidur sangatlah penting. Karena kebiasaan menggosok gigi pada malam hari merupakan usaha terbaik yang bisa dilakukan agar gigi dan rongga pada mulut tetap segar dan terjaga kesehatannya.

Ada beberapa ahli yang mengungkapkan bahwa menggosok gigi pada saat sebelum tidur merupakan hal yang sangat penting daripada menggosok gigi pada pagi atau siang hari. Namun, tentu saja menggosok gigi pada pagi hari juga jangan sampai terlewatkan. Karena setelah sarapan pagi, membersihkan gigi dengan menggosok gigi merupakan hal yang penting juga agar gigi dan mulut tetap dalam keadaan yang bersih dan napas tetep segar.

Manfaat menggosok gigi pada malam hari

Sebenarnya apa yang menjadi alasan bahwa menggosok gigi pada malam hari begitu penting? Selain dapat memperkecil resiko sakit gigi, dibawah ini akan diuraikan beberapa alasan mengapa menggosok gigi pada malam hari sangat penting.

1. Berkumur belum cukup

Banyak orang yang biasanya melakukan kebiasaan menggosok gigi pada sore hari ketika mandi. Dan menggosok gigi pada sore hari tersebut dianggap sudah cukup membuat gigi bersih dan pada malam hari hanya berkumur.  Berkumur saja tentu tidak akan membersihkan gigi dan mulut secara maksimal karena pada bagian sela-sela gigi ketika menggunakan sikat saja tidak bersih dengan maksimal apalagi jika hanya berkumur, tentu saja tidak cukup.

2. Kebiasaan ngemil sebelum tidur

Pada malam hari sebagian orang seringkali ngemil atau makan sebelum tidur. Nah, apabila telah menggosok gigi sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan atau ngemil lagi karena tentu saja menggosok gigi akan menjadi hal percuma apabila mulut mengunyah makanan lagi. Pastikan anda menggosok gigi sebelum tidur dan pastikan anda tak memasukkan makanan ke dalam mulut usai gosok gigi.

3. Bakteri perusak gigi lebih aktif

Ketika malam hari bakteri akan menjadi lebih aktif karena kondisi mulut yang kekurangan air liur ketika anda tertidur di malam hari. Nah, ketika menggosok gigi terlewat maka sama saja anda membiarkan gigi anda dirusak oleh bakteri dan gigi akan semakin beresiko mengalami gigi berlubang.

4. Mengurangi bau mulut pada pagi hari

Pada saat bangun pagi akan menjadi lebih segar jika dibandingkan ketika malamnya tidak menggosok gigi. Hal ini disebabkan karena dengan menggosok gigi maka bakteri yang berada pada mulut yang dapat menyebabkan bau mulut menjadi lebih sedikit jika dibandingkan ketika seseorang tidak menggosok gigi pada malam hari.

Dengan demikian, menggosok gigi pada malam hari diharapkan bisa mengurangi resiko terjadinya masalah pada gigi misalnya gigi berlubang dan menghindari gigi menjadi kuning.

Agar gigi bersih maksimal, anda sebaiknya menggunakan sikat gigi dengan tekstur bulu sikat yang lembut dan jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi. Sikatlah gigi selama kurang lebih 2 menit, lalu gunakan obat kumur.

Dan untuk hasil yang lebih bersih, anda bisa membersihkan sela-sela gigi dengan cara flossing floss menggunakan benang gigi atau dental floss. Jangan lupa periksakan gigi anda ke dokter gigi paling tidak enam bulan sekali. [Editor: Tri Meinarni]

bugar kesehatan gigi