Pembersih Organ Intim Wanita, Amankah?

Kaum hawa memang mahluk yang selalu ingin tampil sempurna. Tak heran jika tersedia aneka produk perawatan wanita dari ujung rambut hingga ujung kaki. Termasuk produk pembersih organ intim wanita.

Banyak wanita yang merawat kebersihan vaginanya dengan menggunakan sabun khusus vagina. Sabun pembersih khusus ini diyakini memiliki kadar pH yang dibutuhkan oleh area kewanitaan agar terbebas dari berbagai macam bakteri atau kuman.

Sayangnya, sebuah penelitian yang diinisiasi oleh Departemen Kesehatan dari Amerika Serikat mengatakan bahwa kaum wanita  jangan terlalu sering melakukan 'douching'. Douching adalah cara membersihkan area organ intim wanita dengan air dan juga sabun pembersih khusus organ intim wanita.

Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini cukup beresiko bagi kesehatan kaum hawa. Disebutkan jika wanita kerap membersihkan organ intimnya dengan pembersih vagina, akan membuat bakteri baik pada vagina terganggu. Sehingga keasaman alami pada area organ vital menjadi tidak seimbang.

Produk sabun pembersih sendiri bisa membuat area organ vital wanita terpapar bahan kimia secara langsung sehingga beresiko terinfeksi dan mengalami perubahan hormon wanita.

Dalam beberapa kasus, para wanita mengalami masalah berupa masuknya beragam bakteri berbahaya ke bagian dalam organ vital layaknya ovarium uterus, hingga tube fallopi yang tentu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

# Mempengaruhi hormon kewanitaan

Banyak sabun pembersih khusus organ intim wanita yang mengandung bahan kimia, yang bisa mempengaruhi hormon kewanitaan. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan jika wanita yang rajin membersihkan organ vitalnya dengan sabun ini akan memiliki konsentrasi metabolit dari zat kimia phthalates pada urinnya, hingga 52 persen lebih banyak. Penelitian yang melibatkan lebih dari 700 wanita dengan usia 20 hingga 30 tahun ini dimaksudkan untuk melibatkan dampak penggunaan pembalut, pembersih organ vital, tissue, hingga tampon.

Disamping beresiko terpapar bahan kimia berbahaya, pakar kesehatan Ami Zota dari Milken Institute School of Public Health juga menuturkan jika penggunaan sabun pembersih organ vital bisa berdampak negatif pada kesuburan pria atau wanita.

Nah ladies, jika anda tetap ingin menggunakan sabun khusus organ intim, gunakan di saat--saat mendesak saja ya. 

Kalau perlu, minta rekomendasi dokter kandungan untuk meresepkan sabun khusus organ intim wanita yang benar-benar aman. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir pembersih organ intim wanita