Menjaga dan Merawat Persahabatan

Siapapun pasti memiliki seorang sahabat. Sahabat adalah orang yang memiliki kedekatan emosional dengan kita.

Siapapun pasti memiliki seorang sahabat. Sahabat adalah orang  yang memiliki kedekatan emosional dengan kita. Mereka akan selalu ada, di saat-saat penting, baik dalam suka maupun duka. Maka beruntunglah anda yang memiliki sahabat setia.

Namun semulus apapun hubungan persahabatan, ada kalanya mengalami guncangan. Ada saatnya hubungan anda dan sahabat diuji. Lalu bagaimana menjaga persahabatan agar awet langgeng?

Tulus

Bersahabatlah dengan tulus. Jangan karena embel-embel dia cantik, kaya, atau terkenal. Tapi lakukanlah dengan tulus. Biasanya persahabatan terjalin karena kecocokan dan mungkin awalnya karena kesamaan kepentingan. Namun semuanya harus didasari ketulusan untuk saling mengisi.

Saling mengingatkan

Sahabat yang baik itu bukan mereka yang selalu mendukung apapun yang ingin anda lakukan, melainkan ikut mempertimbangkan akibatnya. Mereka berusaha mengingatkan jika ada hal yang  berdampak buruk pada anda. Intinya sahabat yang baik adalah sahabat yang selalu mengajak anda ke hal-hal yang lebih baik dan positif.

Saling menghargai

Berikan apresiasi setiap kali sahabat anda melakukan hal yang positif. Tak ada salahnya berikan pujian untuk menyemangatinya.

Sebaliknya jika ingin mengingatkan atas kesalahan yang dia lakukan, pilihlah kata-kata yang sopan. Jangan terkesan menggurui apalagi mencelanya.

Hargai juga setiap perbedaan pendapat. Karena meskipun sahabat, tidak selalu satu ide dan satu pikiran. Yang penting saling menghargai pendapat masing-masing.

Take and Give

Sudah jadi hal umum dalam persahabatan, untuk saling memberi dan menerima. Tapi bukan berarti terpaku pada materi saja. Sesuatu yang kita beri dan terima itu luas dan banyak ragamnya. Bisa berupa materi, ilmu, saran, rasa nyaman, bahkan senyuman.

Terbuka

Sikap terbuka bisa meminimalisir kesalahpahaman. Sebab, biasanya sahabat telah bisa menghadapi dan memahami diri kita apa adanya. Sikap itu juga bisa merekatkan ikatan hati sebagai sahabat. Jika sudah begitu, akan terbangun ' 'chemistry’ dan kepercayaan yang kuat.

Saling menjaga privasi

Meski biasa saling terbuka, tapi ada hal yang tak boleh dilanggar, yaitu privasi masing-masing. Ada hal yang mungkin anda dan sahabat tidak bisa saling menceritakan, dan kalian harus saling menghargai. Jangan memaksa sahabat anda untuk bercerita jika ia hanya ingin menyimpannya sendiri.

Jujur

Kejujuran merupakan pondasi untuk semua hubungan, termasuk persahabatan. Kalau sudah saling jujur, maka akan saling percaya. Kalau sudah saling percaya, maka ikatan batin antar sahabat pun akan semakin erat.

Selalu ada

Sahabat yang baik dan tulus tidak hanya ada di dekat kita saat senang belaka. Tapi juga selalu ada saat kita terpuruk. Sahabat sejati memang bukanlah mereka yang mesti di samping kita, jaraknya dekat dan tak terpisah apapun. Meskipun jauh namun masih peduli, memotivasi dan tak membuat kita merasa sendiri.

Ingat, tak ada manusia yang sempurna, termasuk sahabat kita.

Pahami segala kekurangannya dan hargai kelebihannya. Saling memaafkan juga akan membuat persahabatan anda semakin nyaman dan pastinya dijamin awet.[Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir persahabatan teman friendship