Manfaat Senyum Bagi Kesehatan

Tersenyumlah maka Anda akan terlihat lebih cantik. Tapi tahukah Anda, tersenyum bukan hanya membuat wajah Anda tampak lebih cantik dan menarik. Tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

pixabay

Setidaknya saat Anda tersenyum dengan tulus, ada 12 otot wajah yang ikut bergerak. Secara tak langsung anda telah melakukan senam wajah.

Lebih jauh, berikut manfaat senyum bagi kesehatan anda:

Memperlambat penuaan
Sekali anda tersenyum, secara otomatis otot-otot wajah akan bergerak. Dan hal ini mencegah kerutan di wajah. Karena keriput di wajah akan terbentuk jika wajah jarang digerakkan. Semakin sering anda tersenyum, maka wajah Anda akan tampak lebih muda.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Ketika kita tersenyum, tubuh akan terasa lebih rileks dan nyaman. Saat tubuh merasa nyaman, maka kekebalan tubuh akan meningkat. Daya tahan tubuh yang baik sangat menunjang kesehatan Anda. Bahkan penyakit yang disebabkan oleh virus seperti batuk dan flu akan lebih cepat sembuh jika Anda lebih banyak tersenyum.

Mengilangkan stress
Ketika anda merasa tertekan karena beban pekerjaan atau beban hidup, berjalanlah ke ruang terbuka yang lapang. Kemudian tarik nafas dalam-dalam, lalu tersenyumlah. Perlahan-lahan rasa lelah,  jenuh, dan kesedihan Anda akan sirna. Tersenyumlah pada semua orang yang Anda temui. Maka kebekuan akan segera cair. Senyum Anda juga akan menyebarkan aura positif pada semua orang yang anda jumpai.

Menormalkan tekanan darah
Untuk penderita hipertensi coba perbanyak tersenyum. Lalu silahkan cek tensi darah Anda, Anda akan terkejut karena tensi Anda kembali normal. Sekali Anda tersenyum, ketika otot wajah bergerak, tubuh merasa nyaman, maka aliran darah pun menjadi lancar. Tensi darah pun normal.

Menghilangkan rasa sakit
Saat Anda tersenyum atau tertawa, Anda telah memproduksi hormon endorphin dan serotonin. Hormon ini dikenal sebagai hormon pembuat bahagia yang dapat mengendalikan rasa sakit. Hormon akan secara otomatis meningkat saat Anda tersenyum. Rasa nyeri dan sakit pun akan segera hilang.

Bukan itu saja, mereka yang lebih banyak tersenyum cenderung memiliki kemampuanberfikir yang lebih jernih, lebih kreatif, dan tentu saja lebih sehat. So, tunggu apa lagi, tersenyumlah. Jangan biarkan wajah anda penuh kerutan karena sering cemberut. Sudahkah anda tersenyum hari ini? (Tri)

smile tersenyum astaga wanita manfaat senyum