Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan telah Dikenal Sejak Berabad Lalu

Minyak zaitun telah digunakan sebagai produk kecantikan selama berabad-abad tahun lamanya. Dan hampir pasti merupakan salah satu produk kecantikan yang paling lebih dulu muncul, sejak peradaban Mesir dan Yunani kuno.

http://www.rivistadonna.com

Minyak zaitun telah digunakan sebagai produk kecantikan selama berabad-abad tahun lamanya. Dan hampir pasti merupakan salah satu produk kecantikan yang paling lebih dulu muncul, sejak peradaban Mesir dan Yunani kuno. 

Bangsa-bangsa kuno ini tidak tahu mengapa minyak zaitun dapat membuat kulit begitu halus, kenyal, dan cerah, tetapi para ilmuwan telah menemukan beberapa khasiatnya. Secara khusus minyak zaitun mengandung antioksidan yang disebut polifenol, yang membantu melindungi kulit. Selama bertahun-tahun, orang telah menemukan banyak cara menggunakan minyak zaitun sebagai bagian dari perawatan wajah.

Ada berbagai jenis minyak zaitun yang dijual di pasaran. Produk tersebut diberi berbagai label, seperti light, pure virgin, dan extra virgin. Tiga hal yang membedakan masing-masing minyak zaitun ini adalah proses ekstraksi minyak, bahan yang ditambahkan ke dalamnya sebelum pengemasan, dan kadar asam oleat bebas dalam produk akhir. Sedangkan untuk perawatan kulit, pilihlah minyak zaitun extra virgin. 

Kenapa extra virgin? Karena minyak zaitun extra virgin diperoleh melalui proses mekanis murni, yaitu dengan cara menghaluskan buah zaitun lalu diambil minyaknya. Sedangkan minyak lain menggunakan proses kimia. Karena itu extra virgin memberi jaminan aman, dengan kualitas yang nyaris sempurna.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat minyak zaitun, untuk kecantikan anda:

1. Sebagai pelembab wajah

Kandungan zat linoleic acid dalam minyak zaitun sangat berkhasiat untuk melembabkan wajah. Kandungan itu mampu menjaga  penguapan air terutama pada kulit kering  atau pada kulit yang mulai keriput. Caranya cukup hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada wajah sambil dipijat ringan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Sebagai pengangkat sel kulit mati

Minyak zaitun juga dapat mengangkat sel kulit mati. Metode pengelupasan yang umum dengan minyak zaitun adalah dengan mencampur 1 sendok makan minyak zaitun dengan garam, gosokkan campuran ini ke kulit wajah. Kualitas abrasif yang ringan dari garam, dikombinasikan dengan khasiat minyak zaitun, akan menghilangkan sel kulit mati dan membiarkan kulit epidermis tampak segar dan bercahaya.

Untuk scrub seluruh badan Caranya  cukup mencampurkan minyak zaitun dan garam, lalu discrubkan ke seluruh tubuh kecuali daerah sensitif seperti paha dalam atau kulit yang luka.

3. Sebagai penyubur rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yaitu dapat digunakan sebagai shampo atau kondisioner yang dipercaya mampu mengatasi rambut kering akibat paparan sinar matahari, berada di ruangan ber AC dan memakai bahan kimia seperti cat rambut, obat keriting atau obat pelurus.

Caranya oleskan langsung minyak zaitun pada rambut. Pijat kulit kepala lalu diamkan selama 15 menit. Bungkus dengan handuk,  baru dibilas. Dengan pemakaian teratur, rambut lebih, elastis, kuat dan berkilau.

4. Sebagai pelembut bibir

Dengan mengulaskan zaitun jenis extra virgin dapat melembutkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Lakukan setiap malam untuk hasil maksimal.

5. Merawat kuku

Kuku akan tampak lebih lembab dan bersinar. Caranya pijatlah kuku dengan minyak zaitun. Lalu bersihkan dengan air hangat.

6. Mencegah dan menghilangkan jerawat

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam minyak zaitun dapat berperan sebagai zat antioksidan yang mampu mengangkat kotoran dan bakteri penyebab jerawat.

7. Perlindungan antioksidan

Antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun yaitu vitamin E, fitosterol, dan polifenol. Dengan antioksidan tersebut, bila dioleskan secara rutin pada kulit wajah, mampu melindungi kulit dari penuaan dini. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun akan menghaluskan kulit dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Dalam minyak zaitun terdapat senyawa yang agak langka yaitu hydroxytyrosol yang berfungsi  mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

8. Tidak menyumbat pori-pori

Hebatnya, minyak zaitun ini tidak seperti pelembab komersial yang bisa menyumbat pori-pori wajah, sehingga dapat memperparah kondisi kulit. Minyak zaitun dapat menembus jauh lewat pori-pori wajah sambil memberikan efek pembersihan pada pori-pori. Oleh karena itu, sekali-kali cobalah memakai minyak zaitun pada wajah anda di malam hari untuk menggantikan pelembab yang biasa anda gunakan. Caranya mudah sekali oleskan saja 1 sendok teh minyak zaitun pada wajah dan leher.

9. Pembersih riasan wajah

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk membersihkan riasan wajah. Caranya, oleskan minyak zaitun ke wajah yang masih ber-make up. Kemudian bersihkan dengan kapas. Dengan demikian, make up terangkat sempurna, kulit wajah pun lebih sehat.

Minyak zaitun tidak keras seperti pembersih riasan kimiawi sehingga sesuai untuk orang berkulit sensitif atau mereka yang alergi terhadap bahan kimia dalam pembersih riasan komersial. 

Karena banyaknya produk minyak zaitun di pasaran, anda harus lebih berhati-hati. Pastikan anda mendapatkan produk yang asli.

Penelitian menunjukkan bahwa hingga 70 persen dari minyak zaitun yang dianggap murni telah dicampur dengan minyak berkualitas rendah seperti minyak bunga matahari atau minyak canola.

Pastikan merek minyak zaitun telah mendapatkan sertifikasi dari International Olive Council. Di Amerika Serikat, North American Olive Oil Association telah membuat segel persetujuan untuk menunjukkan kualitas minyak zaitun yang anda beli.  [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita minyak zaitu kecantikan kesehatan kulit