Kapan Perut Mengempis Usai Melahirkan?

Bagi wanita kehamilan adalah peristiwa yang sangat membahagiakan. Terlebih kehamilan pertama. Kehadiran buah hati pun melengkapi kebahagiaan itu.

Namun, kebahagiaan itu sedikit terusik karena kondisi tubuh yang 'membengkak' , terutama di bagian perut. Bayangan ingin segera tampil langsing usai melahirkan menjadi tidak mudah.

Ya selama kehamilan, selama  sembilan bulan, perut wanita terus membesar. Ini membuat otot perut wanita meregang. Jadi, wajar saja jika tubuh wanita membutuhkan waktu untuk mengembalikan bentuknya seperti saat sebelum hamil.

Tapi, sebenarnya perut wanita  akan mengecil segera setelah melahirkan. Bayi, plasenta, dan cairan ketuban yang keluar saat melahirkan, membuat perut wanita  tidak sebesar seperti saat  hamil. Wanita akan kehilangan sekitar 5 kg berat badan setelah melahirkan.

Walaupun sudah kehilangan berat badan beberapa kilo setelah melahirkan, tapi perut wanita mungkin tetap terlihat seperti saat hamil beberapa bulan. Ini normal terjadi dan butuh waktu sekitar 4-6 minggu bagi rahim untuk menyusut kembali.

Namun, diperlukan waktu beberapa bulan bagi kulit perut untuk kembali elastis. Waktu yang dibutuhkan untuk perut sampai kembali ke ukuran seperti sebelum hamil mungkin akan berbeda-beda tiap ibu. Ini tergantung dari banyak faktor, seperti: Ukuran tubuh sebelum hamil, berat badan selama kehamilan, seberapa aktif wanita beraktivitas atau melakukan olahraga, dan faktor keturunan.

Apa yang harus dilakukan agar perut mengempis?

Anda yang mendambakan perut kempis usai melahirkan, mungkin bisa melakukan beberapa hal berikut:

Menyusui

Menyusui membuat tubuh membakar kalori lebih banyak, sekitar 500 kalori perhari. Hal ini tentu membantu anda dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan. Sehingga, perut anda pun akan lebih cepat mengecil. Tak hanya itu, saat menyusui tubuh juga melepaskan hormon yang memicu kontraksi rahim. Hal ini membuat rahim lebih cepat menyusut.

Hal ini juga harus didukung dengan asupan makanan yang cukup. Jika anda makan lebih banyak dari kebutuhan anda, tentu hal ini justru dapat membuat penurunan berat badan berjalan lebih sulit.

Atur pola makan

Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), kebiasaan makan sehat yang sudah dimulai selama kehamilan dapat membuat anda lebih cepat mendekati berat badan normal beberapa bulan setelah melahirkan.

Walau anda ingin mendapatkan bentuk tubuh seperti semula, tapi anda tidak disarankan untuk membatasi asupan makan. Anda hanya perlu mengatur pola makan.

Jangan melewatkan waktu sarapan. Makan banyak sayur dan buah, setidaknya lima porsi per hari. Banyak makan makanan berserat, seperti gandum, oat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Anda bisa mengganti sumber karbohidrat utama anda dengan yang makanan yang memiliki lebih banyak serat, seperti nasi merah, roti gandum, pasta gandum, atau kentang. Atur porsi makan Anda, jangan sampai berlebihan. Perrhatikan jumlah dan jenis makanan ringan yang anda makan.

Olahraga

Untuk mengimbangi kalori yang masuk ke tubuh, anda perlu melakukan olahraga. Olahraga bisa membantu membakar kalori lebih banyak dan juga membantu mengencangkan otot perut sehingga perut akan mengecil lebih cepat.

Lakukan olahraga. Mulailah dengan  olahraga ringan. Melakukan latihan dasar panggul atau kegel juga dapat membantu anda mengencangkan otot perut. Berjalan santai di pagi hari sambil membawa bayi anda jalan-jalan juga bisa anda lakukan. Intinya, jaga agar tubuh anda tetap aktif, sehingga tubuh lebih langsing dan perut cepat mengempis. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita melahirkan mengempis perut wanita cantik bugar