Ingin Sehat dan Panjang Umur? Seringlah Tertawa

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa tertawa membuat anda lebih sehat dan bahagia. Tertawa lepas di waktu yang tepat akan membuat tubuh makin sehat sekaligus panjang umur.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa tertawa membuat anda lebih sehat dan bahagia. Tertawa lepas di waktu yang tepat akan membuat tubuh makin sehat sekaligus panjang umur.

Disebutkan bahwa "Laughing with friends each day keeps the doctor away.". Artinya semakin sering anda tertawa, maka anda akan semakin sehat dan tidak perlu berkunjung ke dokter berkali-kali.

Inilah beberapa manfaat dari tertawa:

- Pembuluh Darah Lebih Sehat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland untuk menguji kesehatan pembuluh darah relawan, ditemukan bahwa orang yang suka menonton film komedi, memiliki pembuluh darah yang lebih sehat dibandingkan mereka yang suka nonton film drama. Pembuluh darah pecinta film drama lebih tegang dibanding penyuka film komedi. Itu artinya, kesehatan jantung bagi anda yang sering tertawa lebih bagus ketimbang mereka yang sering merengut.

- Tubuh Lebih Rileks

Tertawa lepas dapat membantu pelepasan kelenjar yang menekan rasa nyeri. Selain itu, saat anda tertawa, tubuh secara langsung melepas hormon bahagia yang dapat menekan hormon stres. Jadi jika anda sedang sakit karena banyak pikiran, tertawa bisa jadi obatnya. 

-Tidur lebih nyenyak

Anda yang susah tidur bisa mencoba tertawa di siang hari agar tidur lebih nyenyak. Karena tubuh yang rileks saat tertawa melepaskan ketegangan otot syaraf otak dan tubuh, sehingga anda bisa tidur lebih nyenyak.

- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Semakin sering anda tertawa, semakin baik kekebalan tubuh anda.  Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang humoris memiliki antibodi yang lebih baik dan dapat melawan infeksi yang menyerang tubuh. Sistem imun tubuh akan melindungi anda dari serangan, flu, demam, dan batuk.

- Menstabilkan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 19 orang memperlihatkan hubungan antara tertawa dan kadar gula dalam darah. Para relawan dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama diberi makanan dan langsung ikut kelas perkuliahan, sedangkan kelompok kedua diberi makanan yang sama lalu diajak menonton film komedi. Hasilnya, kelompok yang menonton film komedi memiliki kadar gula darah lebih stabil.

Nah, bagi anda yang masih hobi cemberut, cobalah tertawa. Meski beban hidup semakin berat, berdamailah dengan keadaan.  Temui teman-teman sejawat dan bercandalah.Bicarakan hal-hal yang ringan, konyol namun menyenangkan. Kemudian tertawalah terbahak-bahak. Dan rasakan dampak dari tertawa. Selamat tertawa...! [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita info kesehatan manfaat tertawa