Ingin Sehat dan Bugar Setiap Hari Moms? Ini 10 Rahasianya!

Tubuh yang sehat dan bugar merupakan dambaan siapapun. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, segala aktivitas dapat dikerjakan dengan lancar, produktifitas pun meningkat.

Ada begitu banyak tips dan anjuran untuk menjaga kesehatan. Tapi moms, meski terdengar mudah, kesehatan itu harus diusahakan ya, jangan cuma teori. So moms, berikut adalah 10 rahasia dan cara terbaik agar tetap sehat jasmani dan rohani:

1. Positive thinking

Tahukah moms? Pikiran sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang. Kondisi gangguan pada mental seperti stress dan depresi telah terbukti mengganggu kesehatan tubuh seseorang. So moms, teruslah berpikir positif dan memanage kondisi mental agar tidak mengalami stress yang berpotensi mengganggu kesehatan.

2. Kenali bahasa tubuh

Kelelahan yang kita rasakan setelah melakukan aktivitas  merupakan bahasa tubuh kita untuk menyampaikan pesan bahwa tubuh perlu berisitrahat. Kita perlu aware bahkan untuk hal kecil sekalipun. Misalnya mata yang terasa perih dan berair ketika bekerja di depan komputer, itu berarti mata kita sudah lelah dan butuh istirahat. Jangan paksakan kalau tidak ingin mengalami gangguan pada mata.

Beristirahat merupakan kondisi alamiah yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan stamina yang telah terkuras. Tidur merupakan istirahat terbaik, dan usahakan waktu tidur berkualitas sekitar 7 jam-8 jam/hari.

3. Jagalah kebersihan diri dan lingkungan

Tidak bisa tidak, menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan jika ingin tetap sehat dan bugar. Karena ada begitu banyak bakteri, kuman dan virus di sekitar kita yang berpotensi sebagai  sumber penyakit. Biasakan diri untuk hidup bersih guna menghindari kontaminasi bakteri dan kuman berbahaya. Mandi minimal 2 kali sehari, jangan lupa rutin menggosok gigi 2 kali sehari pagi dan malam. Selalu cuci tangan dengan sabun, sebelum dan sesudah makan. Bersihkan rumah dan halaman setiap hari. Lagipula kebersihan sebagian dari iman bukan?

4. Olahraga teratur

Setidaknya setiap pagi usahakan untuk berolahraga secara teratur. Tak perlu lama-lama, cukup 30 menit setiap pagi sudah efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

5. Perhatikan kebersihan makanan/minuman

Selalu pastikan makanan dan minuman yang akan kita konsumsi sudah dalam kondisi yang bersih dan sudah diolah dengan cara yang benar,  sudah melewati proses pasteurisasi sesuai standar. Pasteurisasi adalah proses memanaskan masakan untuk membunuh mikroba. Perhatikan pula bahan makanan dan minuman, pastikan menghindari asupan makanan yang dapat merugikan kesehatan.

6. Konsumsi makanan berserat

Makanan berserat sudah dipercaya dan terbukti sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Penuhi asupan makanan berserat setiap hari agar tubuh kita tetap sehat dan bugar. Salah satu sumber makanan yang kaya serat dan memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh diantaranya brokoli. Buah beraneka warna dan aneka sayuran hijau juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan tubuh.

7. Makan secukupnya

Makan berlebihan dapat membuat kita kegemukan atau obesitas yang dapat memicu berbagai macam penyakit seperti jantung dan diabetes. Sedangkan makan terlalu sedikit beresiko berkurangnya asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanlah sesuai dengan kebutuhan, yang penting kebutuhan gizi dan nutrisi terpenuhi.

8. Penuhi kebutuhan vitamin

Khususnya vitamin D karena vitamin D berperan untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri, menguatkan tulang, membantu mencegah berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, kanker serta mengurangi resiko penurunan daya ingat. Sumber vitamin D dapat berasal dari sinar matahari pagi, telur, ikan, susu dan keju.

9. Minum air putih 2 -3 liter/hari

Minimal minumlah 8 gelas air per hari guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Tubuh yang kekurangan cairan akan mudah dehidrasi, rentan terkena penyakit dan membuat kulit keriput.

10. Terapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat itu mencakup semuanya. Selain makan makanan bergizi, menjaga kebersihan, olahraga dan istirahat, juga hindari rokok dan alkohol, apalagi narkoba! Hindari segala bentuk zat yang dapat merugikan kesehatan tubuh dan jiwa Anda ya. Untuk itu bergaullah secara sehat, hindari teman-teman dan lingkungan yang negatif.

Nah moms and ladies, jangan malas untuk selalu menjaga kesehatan. Karena kesehatan adalah aset dan harta yang tak ternilai harganya. Jangan lupa untuk selalu tersenyum dan berbagi kebaikan ya! [Tri]

astaga bugar 10 rahasia 10 tips sehat mom