Ingin Make up Kamu Tahan Lama Ladies? Ini Dia 10 Tipsnya !

Semua wanita pasti ingin tampil cantik menarik dengan make up yang sempurna. Kalau perlu dengan memakai make up yang tahan lama, sehingga tidak perlu sering-sering memperbaiki makeup yang luntur atau berantakan.

Nah ladies, bagaimana caranya agar make up tahan lama? Cara sederhana ini akan menyempurnakan make up kamu dan membuatnya lebih tahan lama.

1. Eksfoliasi sesuai jenis kulit

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin bermake up adalah memastikan kulit wajah bersih dari sel-sel kulit mati. Cara ini sangat membantu agar make up menempel di kulit wajah kamu lebih lama.

Melakukan pengelupasan kulit dua kali seminggu adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Namun bagi yang memiliki kulit sensitif,  lakukan eksfoliasi seminggu sekali untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit.

2. Biarkan pelembab wajah meresap sempurna

Tunggu hingga pelembab wajah yang kamu gunakan meresap dengan sempurna sebelum memakai makeup. Jika kulit wajah kamu cenderung berminyak, maka melewatkan pelembab di 'Zona T' adalah cara yang baik untuk memastikan kamu tidak berlebihan menggunakan pelembab. Kamu harus menunggu sekitar 15 menit sebelum menuju langkah berikutnya, yaitu mengenakan makeup.

3. Gunakan primer dengan benar

Silicone primer membuat minyak alami pada kulit wajah kamu tidak merubah tekstur makeup. Selain itu, primer juga membuat permukaan kulit menjadi lebih halus sebelum kamu menerapkan foundation.

Kamu bisa memakai primer yang berbeda untuk area mata, namun jika kamu menggunakan satu macam primer saja, maka tak ada salahnya juga. Fokuskan pada bibir, dagu, dan juga pada area kelopak mata. Untuk membantu makeup kamu menempel secara sempurna dan tahan lama, maka cara peng-aplikasian primer yang terbaik adalah dengan menggunakan jari kamu.

4. Pilihlah foundation yang tahan lama

Beberapa foundation diketahui lebih baik dalam membuat makeup terlihat tetap sempurna selama seharian penuh. Pilihlah foundation yang tepat yang akan memberikan hasil sesuai dengan keinginan kamu.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan sikat foundation sintetis untuk mencampurkannya di punggung telapak tangan dalam jumlah kecil. Setelah mendapatkan warna yang sesuai keinginan, maka kamu bisa menggunakan tisu atau spon bersih untuk menempelkannya pada kulit wajah

5. Jangan berlebihan memakai conclear

Menggunakan sedikit concealer mungkin adalah salah satu tips yang terbaik untuk membuat make up bertahan lebih lama. Kamu dapat memastikan tidak menutupi terlalu banyak area kulit dengan menggunakan kuas eyeliner runcing.

Alat sederhana ini membantu kamu mendapatkan hasil yang sesuai keinginan, tapi tetap hindari menggunakan terlalu banyak concealer di wajah. Karena itu adalah salah satu produk yang paling terlihat ketika kamu memakainya dalam waktu yang lama.

6. Buat riasan mata tetap di tempatnya

Saat merias mata, primer adalah yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar ahli makeup. Namun sebenarnya ada trik lain yang dapat digunakan untuk memperpanjang umur riasan mata kamu. Oleskan eyeliner tahan air dan gunakan bedak eye shadow di atasnya untuk membuatnya lebih tahan lama.

Menggunakan maskara tahan air juga alternatif terbaik, namun jika kamu tidak ingin kesulitan saat menghapusnya, maka gunakan hanya sedikit saja, yaitu pada ujung bulu mata, sisanya kamu dapat menggunakan maskara biasa.

7. Gunakan pensil mata dan alis tahan air

Walaupun kamu menyukai eyeliner cair, salah satu trik terbaik membuat make up tahan lama adalah dengan tidak menggunakannya sendirian. Yang terbaik, gunakan pensil eyeliner tahan air dan menambahkan sedikit eyeliner cair di atasnya untuk menyempurnakan hasil akhirnya. Ini memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan yang membuat mata kamu belepotan eyeliner.

Sedangkan untuk alis, gunakan juga pensil alis tahan air. Bingkai wajah kamu dengan melukis alis sesuai alis aslinya, agar nampak natural.

8. Lakukan perawatan bibir

Gunakan lip balm untuk melembabkan bibir. Jangan memakai terlalu banyak dan biarkan selama 10 menit sebelum kamu menggunakan lipstik. Gunakan tisu satu lapis dan hapus kelebihan lip balm sebelum menerapkan pewarna bibir.

Lipstik matte dapat bertahan lebih lama, jadi pertimbangkan untuk menghindari warna-warna mengkilap jika ingin lipstik kamu tahan lama. Kamu  juga harus menerapkan lip liner transparan sebagai dasar lainnya agar warna lipstik terlihat lebih baik dan tahan lama

9. Gunakan make up secara merata

Salah satu trik yang terbaik membuat make up dapat bertahan lama adalah memolesnya secara  merata. Selain membuat penampilan lebih baik, pemerataan juga membantu makeup lebih menyatu dengan kulit.

10. Gunakan bedak transparan dengan benar

Memakai bedak yang lebih gelap diatas foundation yang lebih terang adalah salah satu rahasia mencegah penampilan kamu terlihat tidak merata. Gunakan kuas bedak besar untuk mendapatkan efek terbaik dan fokuskan pada area T-zone ketika kamu menerapkan sentuhan akhir.

Nah ladies, bagaimana dengan make up kamu? Inti dari semua itu adalah selalu rawat kulit wajahmu dengan membersihkannya setiap malam, banyak minum air putih dan menyantap buah dan sayur.
Sehingga wajahmu cantik alami, dan make up yang tepat akan menambah daya tarikmu. [Tri]

astaga make up beauty 10 tips ladies tips