Ingin Cepat Langsing Moms? ini Dia 10 Jenis Olahraga Yang Cepat Membakar Lemak!

Memiliki berat badan berlebih memang seringkali membuat orang merasa tidak percaya diri. Selain mengganggu penampilan, lemak yang berlebih juga mengganggu kesehatan.

Mengatur pola makan adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, ada cara yang lebih efektif, yaitu dengan melakukan olahraga yang cepat membakar lemak.

Olahraga merupakan aktivitas gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh. Berolahraga dapat membantu metabolisme tubuh menjadi lancar, sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh menjadi lebih efisien dan efektif.

Lalu olahraga apa saja yang efektif membakar lemak moms? Berikut ini 10 jenis olahraga yang diyakini dapat membakar lemak lebih cepat:

1. Senam aerobik

Jenis olahraga satu ini paling populer di kalangan emak-emak jaman now. Sanggar senam aerobik pun bertebaran di sekitar perkampungan dan perumahan.
Sehingga  momies dengan mudah mengikuti kegiatan senam yang banyak mengandalkan gerak badan ini.

Dengan melakukan senam aerobik yang berintensitas sedang selama 60 menit, berarti Anda telah membakar kurang lebih 330 kalori. Selain dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh, melakukan senam aerobik juga dapat membentuk tubuh menjadi ideal.

2. Bersepeda

Olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan. Dengan bersepeda selama 60 menit, berarti Anda telah membakar 850 hingga 1000 kalori. Untuk seorang wanita, olahraga ini bisa membakar sekitar 850 kalori. Sedangkan untuk pria, jumlah kalori yang terbakar lebih besar, yaitu sekitar 950 kalori.

Selain itu, bersepeda juga dapat melatih otot kaki. Selain membakar lemak, dengan bersepeda berarti Anda bisa menikmati pemandangan alam sekitar. Bersepeda dapat dilakukan secara bertahap dan juga teratur. Dengan bersepeda secara rutin kurang lebih 3 kali dalam seminggu, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Berenang

Untuk yang ingin mengurangi lemak secara cepat namun malas  berkeringat, berenang adalah pilihan olahraga yang tepat! Dengan berenang selama 60 menit, maka Anda akan membakar 800 kalori.

Bagi pemula, olahraga berenang dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu minggu. Untuk yang sudah terlatih berenang, Anda dapat melakukannya sebanyak mungkin dalam seminggu sesuai dengan kemampuan.

4. Lompat tali

Lompat tali merupakan salah satu olahraga yang cepat membakar lemak. Kalori yang dapat dibakar saat melakukan olahraga ini selama 60 menit adalah sebanyak 750 kalori untuk wanita, dan 850 kalori untuk pria.

Ketika melakukan olahraga lompat tali, hampir seluruh otot tubuh digerakkan. Melakukan lompat tali selama 10 menit hampir setara dengan melakukan jogging selama 8 menit. Jika lompat tali dilakukan setiap hari, maka olahraga ini akan lebih cepat menyingkirkan lemak di dalam tubuh.

5. Berlari

Berlari merupakan olahraga yang mudah dan sangat cepat membakar lemak tubuh. Anda akan membakar sekitar 748 kalori ketika berlari selama 1 jam. Berlari dapat dilakukan minimal 3 kali dalam satu minggu. Untuk hasil yang lebih baik, lakukanlah olahraga ini pada pagi hari.

6. Hula hoop

Dengan melakukan olahraga Hula Hoop ini, rata-rata Anda akan mampu membakar 7 kalori setiap menitnya. Jika Anda melakukan olahraga ini selama 30 menit, maka Anda akan membakar 210 kalori. Detak jantung juga naik hingga 84% dari detak jantung maksimu. Hal ini cukup untuk membakar lemak dalam tubuh Anda. Dengan Hula Hoop, berat badan Anda  akan turun, termasuk lemak bergelambir yang ada di perut Anda.

Dalam menentukan ukuran Hula Hoop,  paling tidak hoop Anda mencapai pertengahan pinggang Anda atau dada para saat hoop tersebut diberdirikan. Semakin besar hoop Anda, maka akan semakin mudah melakukan putaran.

7. Jalan kaki

Luangkan waktu 10 menit per hari untuk melakukan olahraga jalan kaki. Jika Anda rutin melakukannya, cukup efektif untuk mengusir lemak di tubuh. Tapi ada sedikit "peraturan" jika Anda ingin mendapatkan manfaat besar dari olahraga jalan kaki 10 menit ini.

Pertama-tama lakukan jalan kaki dengan gerak lambat. Yang dimaksud dengan jalan kaki berkecepatan lambat adalah ketika Anda masih bisa mengobrol santai dengan rekan atau teman Anda saat berjalan bersama. Kemudian meningkat ke kecepatan sedang kemudian dengan gerakan cepat.

8. Yoga

Sebagai bagian dari olahraga dan juga meditasi, yoga juga dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cara yang lebih cepat bahkan dibanding aerobik. Meski kalori yang terbakar saat lari atau aerobik tidaklah sama dibanding yoga, namun senam yang berpusat pada pikiran dan pengolahan jiwa ini mampu menjaga bentuk tubuh secara ideal melalui latihan konsentrasi.

Mengapa demikian? Sebab dengan rutin berlatih yoga, secara otomatis mereka pun akan memberbaiki pola makannya. Apalagi yoga juga bisa membantu seseorang menurunkan tingkat gangguan psikologis seperti stress, depresi atau kejenuhan. 
Berbagai pose dalam yoga juga mendorong orang untuk selalu menjaga pola makannya, yang berdampak pada stabilitas berat badan.

9. Badminton

Badminton akan membuat tubuh tetap fit dan cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Tidak seperti sesi olahraga yang melelahkan, badminton adalah permainan yang menyenangkan sebab dilakukan bersama teman atau pasangan.

Olahraga ini membakar sekitar 300 kalori dalam 30 menit, badminton memberikan latihan kardiorespirasi yang luar biasa, membangun kekuatan, dan mempertahankan daya tahan tubuh. Selain bermanfaat bagi tubuh, latihan ini juga akan melatih kecepatan serta ketangkasan gerak Anda.

10. Zumba

Zumba adalah salah satu kegiatan kardio yang diminati banyak perempuan untuk mengecilkan bentuk pinggang dan juga menurunkan berat badan.

Melakukan Zumba tenyata juga dapat menimbulkan perasaan senang dan bahagia. Karena kita melakukan kardio dengan hentakan musik yang dapat merubah suasana hati.

Saat melakukan gerakan Zumba selama 60 menit dapat membakar 599 kalori. Jumlah kalori yang terbakar itu setara dengan jumlah kalori yang dibakar saat lari selama 60 menit (sekitar 680 kalori).

Nah moms, olahraga apa yang momies suka? Tapi ingat ya moms, melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan tentu tidak bisa dilakukan sesekali, tapi perlu dilakukan secara rutin. Dan pastinya, olahraga bukan saja bertujuan  untuk mendapatkan berat badan ideal tapi juga untuk mendapatkan tubuh yang sehat jasmani dan rohani. Jangan lupa imbangi dengan pola makan sehat hindari stress dan banyak konsumsi air putih. Selamat berolahraga! [Tri]

astaga cantik bugar diet senam aerobic olahraga langsing 10 tips