Hindari Pikun Sejak Dini

Pernahkah anda kebingungan mencari kunci mobil padahal baru saja anda menyimpannya? Atau anda sibuk mencari kacamata padahal benda itu ada di atas kepala anda. Jika terjadi satu dua kali mungkin masih wajar.

Pernahkah anda kebingungan mencari kunci mobil padahal baru saja anda menyimpannya? Atau anda sibuk mencari kacamata padahal benda itu ada di atas kepala anda. Jika terjadi satu dua kali mungkin masih wajar. Tapi jika terjadi berulang kali, hati-hati itu gejala awal dari kepikunan.

Pikun adalah suatu keadaan menurunnya kemampuan kognisi (berpikir) seseorang dengan indikasi menurunnya daya ingat, menurunnya kemampuan penalaran, serta menurunnya kemampuan menyelesaikan masalah sehari-hari.

Pikun disebabkan oleh gangguan pada jaringan otak dan semakin lama akan bertambah parah. Dalam dunia medis, pikun dikenal dengan istilah demensia yang berarti kemunduran fungsi intelektual dan sosial seseorang secara perlahan-lahan. Pikun disebabkan oleh beberapa hal seperti usia lanjut, stres, gaya hidup, kelelahan, dan kurang tidur.

Meskipun umumnya pikun dialami  orang lanjut usia, namun belakangan ini usia muda juga rentan terjangkit pikun akibat stress dan gaya hidup.

Namun jangan khawatir, penyakit pikun ini ternyata bisa dicegah kok. Yuk lakukan pencegahan sedari dini agar anda terhindar dari kepikunan di masa muda dan masa tua.  Begini caranya:

# Selalu sarapan

Makan makanan yang sehat dan tepat saat sarapan pagi bisa menjaga sel-sel otak anda tetap sehat. Tidak hanya itu, sarapan yang mengandung omega 3, protein, dan serat juga mencegah resiko pikun di usia muda. Beberapa makanan yang bisa dipilih misalnya yogurt dengan buah-buahan atau sandwich berisi telur.

# Tidur nyenyak dan berkualitas

Hasil dari penelitian diketahui bahwa orang yang tidak tidur setelah melakukan pelatihan, gagal menunjukkan kemampuannya dalam tugas komputer. Karena itu, bila anda tidak ingin jadi orang yang pelupa dan berakibat pikun, pastikan untuk tidur dengan cukup dan berkualitas.

# Rajin olahraga

Latihan aerobik bisa meningkatkan serta mempertajam kecepatan berpikir dan volume aktual jaringan otak. Selain itu, jalan kaki cepat selama 50 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu juga dipercaya bisa meningkatkan kualitas otak seseorang, demikian menurut hasil penelitian sebuah tim penelitian dari University of Illinois’ Beckman Institute. Tapi olahraga apapun dapat menghindari anda dari kepikunan karena aliran darah ke otak menjadi lancar. Lakukan olahraga paling tidak seminggu sekali.

# Hindari permen karet

Banyak yang beranggapan kalau mengunyah permen karet bisa membuat seseorang jadi lebih mudah berkonsentrasi, namun berbeda dengan hasil penelitian dari Cardiff University, Inggris. Para peneliti mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet sebenarnya bisa merusak memori jangka pendek anda. Karena itu, sebaiknya ganti permen karet dengan makan yang dapat meningkatkan memori. Misalnya, bayam, buah beri, tofu, apel, dan daging merah.

# Jangan stress

Stress merupakan pemicu berbagai penyakit, termasuk kepikunan. Jika anda merasa tertekan, tenangkan pikiran dan hiburlah diri sendiri dengan pergi piknik ke tempat yang menyenangkan. Atur pola kerja anda agar terhindar dari stres.

Jangan lupa untuk selalu berpikir dan melakukan kegiatan positif dan bergaul dengan orang-orang yang positif. Jika anda melakukan pola hidup sehat dan selalu berpikir positif, anda bukan hanya terhindar dari pikun tapi juga terhindar dari penyakit lainnya. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita pikun tips kesehatan