Hilangkan kebiasaan Mendengkur

Banyak orang yang mengeluh tak bisa tidur karena pasangannya mendengkur atau ngorok. Banyak yang mengatakan orang yang tidur mendengkur berarti tidurnya nyenyak atau pulas.

Padahal mendengkur disebabkan terjadinya gangguan pernapasan, dan posisi rahang yang salah saat tidur. Sehingga saluran pernapasan menyempit dan saluran pernapasan tidak berfungsi dengan baik. Hal inilah yang menyebabkan suara mendengkur.

Meski sering dianggap sepele, mendengkur bisa mengakibatkan masalah kesehatan loh. Di antaranya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, bahkan penyakit berbahaya seperti stroke dan kerusakan fungsi otak.

Nah jika anda atau pasangan anda punya kebiasaan mendengkur, jangan dibiarkan. Sebelum mengganggu kesehatan, atasi tidur mendengkur dengan cara berikut:

# Cobalah membuat suasana tidur anda lebih nyaman. Pasang penerangan yang tidak menyilaukan mata dan putar musik yang menenangkan. Suasana yang nyaman ini diyakini akan membuat tidur anda berkualitas dan terhindar dari mendengkur.

# Ambil posisi tidur yang paling nyaman. Misalnya miring ke kiri atau ke kanan dengan memeluk guling. Tidur dengan posisi yang menyenangkan juga akan membuat tidur lebih tenang dan otot-otot rileks. Sehingga mendengkur bisa dicegah. Tapi jangan tidur tengkurap ya. Karena selain berbahaya bagi pernapasan, tengkurap juga dapat merusak bentuk payudara.

# Jangan merokok karena merokok sudah pasti sangat mengganggu kesehatan. Merokok dapat merusak sistem pernapasan dan paru-paru anda. Napas pun akan berbau tak sedap. Maka hindari rokok.

# Usahakan untuk tidur teratur setiap hari. Cobalah disiplin menerapkan waktu tidur dengan waktu yang cukup. Ini akan lebih menyehatkan tubuh dan pikiran. Sehingga tidur tidak akan mendengkur lagi.

# Sebelum tidur, lakukan senam wajah. Buka sedikit mulut anda. Pindahkan posisi rahang ke kiri dan tahan selama 30 detik. Lakukan gerakan yang sama namun pindahkan posisi rahang ke sebelah kanan.

Terakhir, hindari stress. Tidur dengan membawa beban pikiran hanya akan membuat tidur anda gelisah. Akibatnya mendengkur tak bisa dihindari lagi. Pikirkan hal yang menyenangkan menjelang tidur. Sehingga anda akan bangun lebih semangat dan segar. Jangan lupa berolahraga ya.

[Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita mendengkur kebiasaan cantik bugar tidur