Bebas Nyeri Sendi Sampai Tua dengan Makanan ini

Dengan bertambahnya usia, kemampuan tubuh dalam beraktivitas pun semakin menurun. Berbagai keluhan pun mulai menyerang.

Tak dapat dipungkiri, dengan bertambahnya usia, kemampuan tubuh dalam beraktivitas pun semakin menurun. Berbagai keluhan pun mulai menyerang. Nyeri pada sendi maupun tulang pelan-pelan mulai rajin 'berkunjung'.

Nyeri sendi biasanya mulai dirasakan saat usia lebih dari kepala tiga, ini karena kurang optimalnya penyerapan nutrisi kalsium pelindung otot dan sendi.

Agar bebas nyeri sendi sampai tua, Anda harus bisa menerapkan gaya hidup sehat sejak dini, sehingga memungkinkan Anda beraktivitas dengan normal sampai usia lanjut. 
Di antaranya dengan menjaga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, istirahat cukup, hindari stress dan mengkonsumsi makanan yang dapat menutrisi sendi.

Berikut adalah jenis makanan yang dapatmenutrisi sendi:

Ikan Salmon

Saat memasuki usia kepala tiga, seseorang akan mengalami robekan kecil pada bagian tulang rawan. Padahal jaringan dengan bentuk karet yang terdapat pada sendi ini mempunyai fungsi penggerak yang lancar, baik saat berjalan, olahraga, maupun aktivitas lain.

Walaupun robekan itu sangat kecil, jika Anda biarkan bisa berakibat fatal.  Anda akan mengalami  peradangan kronis pada tulang maupun nyeri  pada saat menggerakan sendi.

Mengkonsumsi ikan salmon membuat Anda bebas nyeri sampai tua. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan salmon bisa mencegah atau setidaknya mengurangi peradangan pada tulang dan sendi. Selain itu ikan salmon juga mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Kacang almond

Sebenarnya peradangan pada sendi dan tulang dalam jangka waktu yang pendek tidak berbahaya bagi tubuh karena hal itu bisa membantu tubuh dalam melawan penyakit. Namun, jika berlangsung lama akan memicu racun radikal bebas perusak sel tubuh. Untuk menghindari radang sendi konsumsilah kacang almond, selain kaya akan kandungan vitamin E, antioksidan yang terdapat pada almond membantu melawan radikal bebas dan melindungi membran sel tulang dari kerusakan.

Apel

Ingin bebas nyeri sendi sampai tua konsumsilah apel setiap hari. Dikatakan bahwa makan 1 apel setiap hari bisa mencegah resiko penyakit radang sendi (arthritis). Di dalam apel terdapat zat antioksidan yang bernama quercetin. Zat ini yang berfungsi sebagai pembentuk kolagen selain itu juga menjaga kulit agar selalu elastis. Kolagen adalah unsur penting yang terdapat pada tulang rawan sebagai bantalan ketika tulang atau sendi mengalami tekanan ataupun benturan.

Minyak zaitun

Kandungan zat prostaglandin pada minyak zaitun atau virgin oil berkhasiat mengobati rasa nyeri pada sendi serta mencegah tulang keropos. Anda bisa mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun pada makanan atau anda juga bisa menggunakannya sebagai campuran salad buah yang anda konsumsi sehari-hari. Ini adalah salah satu cara praktis menggunakan minyak zaitun sebagai bagian dari pencegahan dan pengobatan penyakit.

Cara lainnya yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada bagian tubuh yang nyeri. Perlahan-lahan rasa nyeri padasendi atau otot akan segera hilang.

Bahan makanan lainnya yang dapat menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah aneka sayuran hijau yang kaya kalsium, seperi bayam dan brokoli.

Nah mulai sekarang kita cegah nyeri sendi yuk dengan rajin mengkonsumsi salah satu makanan tadi. Jangan lupa olahraga, jaga berat badan ideal, dan cukup istirahat. [Editor: Tri Meinarni]

Cantik raga nyeri sendi tulang keropos