Bahan Alami Untuk Bersihkan Riasan Wajah

Menggunakan make-up untuk menunjang penampilan, rasanya sudah menjadi kewajiban bagi wanita. Tuntutan tampil lebih cantik dan menarik membuat wanita merasa lebih percaya diri dengan polesan make up.

Namun, bukan berarti wanita harus tampil dengan wajah penuh make-up sepanjang hari. Justru anda harus mengistirahatkan wajah dari sisa-sisa make up menjelang tidur.

Wajah yang penuh make up saat tidur membuat kulit wajah sulit bernapas. Lagipula make up yang masih menempel pada wajah juga  berpotensi menjadi kotoran yang memicu tumbuhnya jerawat, iritasi, hingga yang paling ekstrim adalah kanker kulit.

Nah biasakan untuk membersihkan wajah menjelang tidur. Bersihkan wajah dari sisa make up, debu dan kotoran. Nah jika pembersih wajah anda habis, ternyata ada bahan alami sebagai pengganti. Selain aman, murah, juga berkhasiat.

Berikut adalah bahan alami yang bisa anda gunakan untuk membersihkan riasan wajah.

Baby oil

Teksturnya yang ringan, lembut, dan nyaman menjadikan baby oil produk pembersih yang terbukti mampu menghapus sisa make-up membandel secara alami. Anda hanya perlu menuangkan baby oil pada kapas bersih, oles, dan gosok perlahan pada area wajah. Setelahnya, bersihkan wajah dengan air hangat, keringkan.

Minyak zaitun

Beragam khasiat mulai dari pelembab alami hingga penumbuh rambut menjadikan minyak zaitun sering kali dimanfaatkan untuk perawatan alami. Adapun satu manfaat yang tidak boleh dilewatkan, yakni kemampuannya dalam membersihkan make up yang membandel.

Caranya pun mudah. Anda hanya perlu mengoleskan bagian yang ingin dibersihkan dengan minyak zaitun, lalu pijat dengan lembut. Untuk hasil maksimal, basuh wajah dengan air hangat hingga bersih.

Tisu bayi

Tisu bayi menjadi solusi bagi anda yang ingin membersihkan wajah dengan efektif dan efisien. Apalagi, teksturnya yang lembut diklaim mampu mencegah kulit dari resiko iritasi.

Susu murni

Eyeliner, maskara, atau riasan mata umumnya jadi elemen make up yang sulit dibersihkan. Nah, sebagai solusinya, anda bisa menggunakan produk susu segar, sebagai bahan dasar  deep cleanser alami yang tentu saja manjur dan ramah bagi kulit. Apalagi, susu bukan hanya bisa membersihkan make up di permukaan; melainkan juga dapat membersihkan pori-pori dan menutrisi kulit.

Timun

Kupas mentimun, lalu blender hingga halus. Ambil kapas bersih, oleskan pada timun yang sudah dihaluskan, lalu usap dengan lembut hingga bersih ke area wajah. Selain membersihkan wajah dari sisa make up, kandungan antioksidan pada mentimun akan menutrisi dan menjaga kulit Anda dari bakteri penyebab jerawat.

Minyak kelapa

Minyak kelapa, bisa jadi satu alternatif pembersih wajah paling mudah yang bisa anda coba. Cukup tuang pada telapak tangan, pijat area yang ingin dibersihkan dengan lembut, lalu basuh wajah dengan air bersih hangat, kemudian bilas dengan air dingin.

Jeruk nipis

Sifat asam pada jeruk nipis bukan hanya berguna untuk menutrisi wajah, melainkan juga membersihkan wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda hanya perlu mengambil air perasan jeruk nipis, lalu oleskan pada wajah dengan kapas.

Minyak almond

Khasiat minyak almond sebagai pembersih make up, rupanya sudah populer di kalangan masyarakat Prancis. Adapun caranya tergolong mudah, cukup tuangkan produk minyak almond organik pada kapas bersih, oles, dan gosok perlahan pada bagian wajah yang ingin dibersihkan. Jika sudah selesai, segera bersihkan wajah dengan air bersih.

Pembersih wajah tersebut mudah didapat bukan? Di rumah anda hampir selalu tersedia, paling tidak minyak kelapa, baby oil dan timun. Pilihlah yang mudah anda dapatkan. Sehingga wajah bersih terawat, hemat biaya pula!  [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir kecantikan varia