Atasi Uban dengan Biji Pepaya

Uban adalah rambut berwarna abu-abu atau putih yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. Tapi pada kenyataannya orang yang masih muda usia, kepalanya sudah banyak dihiasi uban.

Uban adalah rambut berwarna abu-abu atau putih yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. Tapi pada kenyataannya orang yang masih muda usia, kepalanya sudah banyak dihiasi uban.

Warna rambut adalah hasil pigmentasi pada folikel rambut dari dua jenis melanin, yaitu eumelanin dan pheomelanin. Rambut akan berwarna lebih gelap jika eumelanin lebih dominan. Tingkat melanin pada tubuh seseorang dapat berubah seiring waktu, yaitu suatu kondisi yang kemudian menyebabkan rambut juga berubah warna.

Banyak anggapan bahwa stres dapat mempercepat faktor penuaan, termasuk tumbuhnya uban lebih dini dari yang seharusnya. Meski beberapa kasus mendukung anggapan tersebut, namun hingga kini belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

Faktor Usia

Secara alami, berubahnya warna rambut menjadi abu-abu atau putih terjadi seiring dengan pertambahan usia atau disebut achromotrichia. Faktor utama yang menentukan munculnya uban ini ditentukan secara genetik.

Biasanya perubahan warna dimulai pada rambut di dalam hidung, disusul rambut pada bagian kepala, kemudian rambut bagian tubuh lain, terakhir rambut pada alis mata.

Sedangkan munculnya uban di usia muda disebabkan oleh kurangnya nutrisi, merokok, dan penggunaan obat-obatan yang salah.

Cara yang paling umum untuk menutupi uban adalah dengan mengecatnya. Namun hal ini hanya bersifat sementara. Bahkan, disinyalir zat kimia pada cat rambut akan memperparah munculnya uban.

Biji pepaya

Tapi kini, ada cara yang lebih alami untuk menghilangkan uban sekaligus mencegahnya muncul di usia dini. Tahukah anda bahan alami apa yang berkhasiat mengatasi uban?  Jawabannya adalah biji pepaya!

Cara menghilangkan uban dengan biji pepaya sendiri terbilang baru. Walau demikian, efektivitas dari cara ini terbilang baik.

Biji pepaya sendiri mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menyehatkan, melebatkan, dan memperbaiki nutrisi rambut. Itu sebabnya, dibanding dengan bahan lain, biji pepaya dinilai lebih efektif untuk menyehatkan dan menutrisi rambut.

Bagaimana caranya? Pertama, siapkan biji pepaya yang masih baru, usahakan yang masih segar dan fresh. Setelah biji pepaya  terkumpul, sangrai dan keringkan di atas wajah. Setelah itu tunggu hingga dingin. Setelah dingin, tumbuk biji-biji tadi hingga jadi bubuk. Sesudah itu campurkan dengan minyak kelapa. Aduk dan campurkan bubuk tadi hingga merata.Jika semua bahan telah tercampur, oleskan bahan tersebut pada rambut anda. Lalu pijat kepala anda hingga lima menit.

Setelah lima menit, tutup rambut anda dengan handuk basah, lalu diamkan hingga 30 menit.Setelah 30 menit, bilas dan bersihkan rambut anda dengan air bersih.

Namun, cara alami ini bukanlah cara instan seperti halnya memakai cat rambut. Cara alami membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama sampai hasilnya maksimal.

Lakukan perawatan seperti diatas minimal 3 hari sekali. Biasanya  dalam 2-3 bulan perawatan, rambut anda akan terlihat hitam dan berkilau alami tanpa harus keluar banyak biaya. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita uban rambut tips